IKPTB Gelar Baksos Donor Darah di Transmart Pekanbaru Minggu Besok

Dibaca: 4335 kali  Sabtu,12 Mei 2018
IKPTB Gelar Baksos Donor Darah di Transmart Pekanbaru Minggu Besok
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1439 Hijriah yang jatuh pada pertengahan bulan Mei 2018 ini, Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB) akan mengadakan bakti sosial (baksos) berupa donor darah.

"Baksos berupa kegiatan donor darah ini akan berlangsung di Transmart Pekanbaru pada hari Minggu tanggal 13 Mei 2018 mendatang dan akan dimulai sekitar 12.00 WIB sampai selesai," kata Akiong Plasma selaku Ketua Panitia Baksos IKPTB.

"Meski digelar oleh IKPTB, kegiatan baksos donor darah dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan ini juga terbuka untuk umum. Jadi, masyarakat yang ingin beramal dengan mendonorkan darahnya bisa datang langsung," lanjutnya.

Akiong menambahkan, kegiatan donor darah ini sudah menjadi agenda rutin IKPTB dan biasanya dilakukan minimal dua kali dalam satu tahun dan kali ini digelar pada bulan Mei karena untuk membantu PMI untuk menjamin ketersediaan stok darah.

"Sebab, mulai pertengahan bulan Mei hingga pertengahan Juni 2018 mendatang umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Tentunya stok darah di PMI selalu menipis karena pendonor rutin menjadi berkurang karena saudara kita yang sedang menjalankan ibadah puasa," paparnya.

Baksos donor darah kali ini panitia menargetkan sekitar 300 kantong darah dengan 20 bed dari PMI. Untuk itu panitia telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan seperti Tribuana Group, Bigland, Telkomsel, Print Art Pekanbaru, Transmart Pekanbaru dan perusahaan lainnya di Kota Pekanbaru.

Seperti biasanya disamping baksos donor darah, IKPTB yang juga bekerjasama dengan Rumah Sakit Awalbros juga mengadakan pengecekan kesehatan secara gratis seperti cek kolesterol, cek gula darah dan pengecekan asam urat. Disamping itu, masih kata Akiong, baksos donor darah kali ini IKPTB juga melibatkan warga asing yang bekerjsama dengan Konsulat Malaysia untuk mengajak warga Malaysia yang ada di Kota Pekanbaru untuk turut serta mendonorkan darahnya.

"Karena jumlah warga Malaysia yang bekerja dan belajar di Riau, khususnya di Kota Pekanbaru juga tidak sedikit, disamping kita juga membina hubungan yang baik dengan negara tetangga, seperti Malaysia," terangnya.

Para pendonor nantinya juga akan diberikan sachet madu nusantara untuk menambah asupan energi dan gizi serta minuman dan obat penambah darah dari PMI.

"Panitia juga telah menyiapkan berbagai souvenir menarik berupa baju t-shirt dan lain sebagainya sebagai ucapan terimakasih kepada para pendonor," tukasnya. Sementara itu, Yullian Mettawidya selaku Kepala Sekretariat IKPTB menuturkan, sebagai sebuah perkumpulan sosial IKPTB selalu berperan aktif dalam melaksanakan berbagai kegiatan sosial, diantaranya baksos donor darah, pengobatan gratis dan pembagian sembako.

"Serta memberikan santuan pengobatan kepada anggota yang tidak mampu, melayat (sangcong) dan berbagai kegiatan sosial lainnya," ucap Yullian Mettawidya yang juga menjadi panitia dalam kegiatan baksos donor darah yang ditaja IKPTB itu.

Terpisah, Ketua Umum IKPTB Toni Lim Thian Cui mengungkapkan, selain dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, donor darah kali ini juga diadakan untuk menyambut hari Tri Suci Waisak 2562 BE (Buddhist Era) yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2018 mendatang.

"Serta sebagai rangkaian acara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) IKPTB ke-19 yang akan digelar dalam waktu dekat ini. Kami juga menyambut baik dukungan dari semua lapisan masyarakat di Kota Pekanbaru khususnya yang selalu turut serta mendonorkan darahnya pada acara baksos kami," pungkasnya.

Toni juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bisa turut hadir berpartisipasi mendonorkan darahnya pada hari Minggu tanggal 13 Mei 2018 mendatang di Transmart Pekanbaru dan semoga semakin banyak kantong darah yang bisa terkumpul sehingga bisa membantu PMI dalam ketersediaan darah untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.(grc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »