Gedung Baru RSUD Arifin Ahmad untuk Masyarakat Miskin Diklaim Bertaraf Internasional

Dibaca: 18242 kali  Kamis,20 Februari 2014
Gedung Baru RSUD Arifin Ahmad untuk Masyarakat Miskin Diklaim Bertaraf Internasional
Ket Foto : Yulwiriati Moesa
Pekanbaru, (radarpekanbaru.com) - Gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad Provinsi Riau yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin ternyata bertaraf internasional khusus ruangan inap pasien. Gedung tersebut rencananya akan diresmikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi satu hari sebelum pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Februari 2014 mendatang.


Direktur Utama (Dirut) RSUD Arifin Ahmad Dr. Yulwiriati Moesa Apt, MSi, mengatakan, gedung baru yang akan difungsikan untuk pelayanan masyarakat miskin ini merupakan yang pertama di Indonesia, dimana ruang pasiennya setara dengan rumah sakit berstandar Internasional.


"Mungkin ini satu-satunya bertaraf internasional yang dikhususkan untuk pelayanan masyarakat miskin. Meski di beberapa wilayah lainnya ada yang juga khusus, namun saya rasa ini yang paling baik," kata Yulwiriati.


Dilanjutkannya, apa lagi saat ini pemerintah mengeluarkan progaram Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penanggulangan Jaminan Sosial (BPJS) yang siap sudah dimulai awal tahun ini.


Yulwiriati mengatakan, sudah ada prosedur dari BPJS, dengan menggunakan sistem rujukan dari puskesmas yang ada diseluruh kabupaten kota. "Puskemas sifatnya tidak menangani, namun memberikan rujukan kepada rumah sakit di kabupaten/kota, dan jika sifatnya harus mendapat perawatan maksimal, barulah nanti kabupaten/kota merujuk ke RSUD provinsi," paparnya.


Dirinya berharap bisa memberikan pelayanan lebih optimal kepada masyarakat miskin. "Komitmen pembangunan ini juga merupakan komitmen dari Gubernur Riau terpilih Annas Ma'amun, yang mengutamakan bidang kesehatan dan pendidikan," tutur Yulwiriati.(rls)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »