Peringatan Harganas Ke-XXIV, Pemrov dan Pemkab Bersinergi Menjalankan Program Keluarga Berencana

Dibaca: 9140 kali  Rabu,26 Juli 2017
Peringatan Harganas Ke-XXIV, Pemrov dan Pemkab Bersinergi Menjalankan Program Keluarga Berencana
Ket Foto : Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXIV Tingkat Provinsi Riau 2017 di Kabupaten Bengkalis dihadiri oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, Selasa (25/7/2017)

RADARPEKANBARU.COM-Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV Tingkat Provinsi Riau 2017 digelar di Kabupaten Bengkalis dan dihadiri oleh Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rahman, Selasa (25/7/2017).

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Provinsi Riau 2017 tersebut juga dipusatkan di Kampus Politeknik Negeri Bengkalis Desa Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis, dalam acara tersebut turut hadir Danrem 031/WB Brigjen TNI Abdul Karim, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Forkopimda Bengkalis dan sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam acara tersebut, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman berharap, kepada seluruh pihak bersama-sama dalam mensukseskan program Harganas Riau karena saat ini telah terjadi 3 persen pertumbuhan penduduk oleh sebab itu perlunya untuk terus mensosialisasikan Program Keluarga Berencana (KB) di daerah-daerah.

"Diharapkan program KB ini dapat berjalan dengan lancar seperti kegiatan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya, oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjalankan program KB ini sehingga pertumbuhan penduduk dapat diatasi. Apabila pertumbuhan penduduk melebihi kemampuan kita, itu sangat berbahaya. "Jadi perlunya kerja keras bersama untuk meningkatkan kualitas," ungkapnya.

Kegiatan Harganas ke XXIV dipadukan dengan beberapa kegiatan diantaranya Pencanangan TNI-Manunggal KB-Kesehatan dan Tiap Kecamatan ada satu Kampung KB dan penampilan Kampung KB di Kuala Alam di acara HARGANAS tersebut.

Gubri Arsyadjuliandi Rachman mengatakan peringatan Harganas ke XXIX Tingkat Provinsi Riau dilaksanakan untuk mensukseskan program keluarga berencana di Riau. "Apabila pertumbuhan penduduk tidak diiringi dengan kebijakan maka akan berpengaruh terhadap anak- anak kita," ungkapnya.

Menurutnya, pertumbuhan penduduk di Riau saat ini sangat tinggi. "Saya berharap semua pihak, Pemrov dan Pemkab bersinergi menjalankan keluarga berencana seperti dulunya untuk menekan pertumbuhan pendudukan," imbuh Arsyadjuliandi Rachman

Sementara itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin juga menyampaikan, bahwa sangat diperlukan peran kontribusi bersama untuk menjawab tantangan keluarga yang berkualitas dan memberikan perhatian kepada keluarga. Dengan adanya tekanan ekonomi dapat menimbulkan yang pada umumnya memiliki banyak anak, kasus kekurangan gizi, anak jalanan, penyimpangan perilaku, HIV/AIDS, narkoba dan lainnya.

"Oleh karena itu perlunya kerja keras untuk meningkatkan kualitas keluarga dan keseriusan berbagai pihak untuk mengatasi persoalan ini," ujarnya.

"Ini sesuai dengan tema yang ditetapkan pada peringatan keluarga nasional tahun ini, adalah "melalui hari keluarga nasional kita bangun karakter bangsa melalui keluarga yang berketahanan," ujar Bupati dalam sambutan pada peringatan puncak Harganas Ke-24 Tingkat Provinsi Riau di Halaman Kampus Politeknik Negeri Bengkalis, Selasa (25/07/2017).

Dikatakan, keluarga merupakan tempat utama menumbuh kembangkan anggota yang ada dengan ditanamkan nilai, fungsi serta karakter keluarga. untuk melaksanakan fungsi-fungsi keluarga secara optimal, maka kebijakan pembangunan keluarga dilaksanakan melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan.

"Sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, pembangunan keluarga dilakukan mulai sejak masa reproduksi, melahirkan serta pengasuhan anak. Bahkan, pembinaan remaja hingga lansia pun merupakan pembinaan secara menyeluruh dalam siklus kehidupan manusia," ujar Amril.

Untuk mewujudkan keluarga berkualitas, sejahtera dan mandiri, sambung Bupati Bengkalis, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah melakukan berbagai program, seperti program pembangunan bidang kesehatan, pendidikan, penguatan ekonomi keluarga dan program penguatan kelembagaan.

"Terwujudnya keluarga yang berketahanan akan menjadi wahana efektif untuk membentuk generasi yang berkualitas karena dalam lingkungan keluarga yang memiliki ketahanan tinggi," katanya.

"Terkait upaya membangun keluarga kecil yang berkarakter dan berketahanan, seperti tema pada peringatan harganas ke-24 tahun ini, tentu tidak lepas dengan program keluarga berencana (KB). Berdasarkan hasil survey demografi dan kesehatan indonesia (SDKI) angka pasangan usia subur (PUS) untuk Kabupaten Bengkalis setiap tahunnya relatif meningkat, untuk itu kami mengajak kepada semua masyarakat kabupaten Bengkalis untuk mendukung program KB yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis yaitu Kampung KB," papar Amril.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Yenrizal Makmur dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari keluarga nasional yang digelar tersebut, merupakan salah satu simbol penghargaan bagi keluarga Indonesia yang telah melakukan partisipasi aktif program Keluarga Berencana (KB) dan pembangunan keluarga.

''Program KB bukan membatasi kelahiran namun sebalik mengarahkan kualitas keluarga,'' kata Yenrizal.

Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV Tingkat Provinsi Riau 2017 digelar di Kabupaten Bengkalis dan dihadiri oleh Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rahman, Selasa (25/7/2017)

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Provinsi Riau Arsyadjuliandi Rahman, Danrem Bima 031, Kapolres Bengkalis, Dandim 0303 Bengkalis, Plt. Sekda Bengkalis, para asiseten, bupati dan wali kota se-Riau, Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj Sisilita Arsyad juliandi, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis kasmarni amril, Kepala Perwakilan BKKBN Riau serta sejumlah pejabat BKKBN Provinsi Riau dan pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (Advetorial Pemprov Riau)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »