Wagubri: Tindak Tegas Pelaku Penimbunan Sembako

Dibaca: 13507 kali  Kamis,25 Mei 2017
Wagubri: Tindak Tegas Pelaku Penimbunan Sembako
Ket Foto : Ilustrasi

RADARPEKANBARU.COM - Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim mengimbau Satuan Tugas Pangan di daerah itu meningkatkan pengawasan terhadap pelaku penimbunan sembako yang dikhawatirkan dapat meresahkan masyarakat setempat.

"Jika ditemukan adanya pelaku penimbunan sembako maka segera ditindak tegas, tindakan tegas dari pemerintah ini dapat berupa sanksi dicabut izin usahanya atau bahkan bisa terkena hukum pidana," kata Wan Thamrin Hasyim di Pekanbaru, Rabu.

Tidak hanya Satgas Pangan, Dinas Perdagangan juga harus meningkatkan pengawasan terhadap makanan kedaluwarsa yang merugikan masyarakat.

"Dinas Perdagangan agar mengadakan Operasi Pasar dengan bekerjasama dengan Pelaku Usaha," ujarnya.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Riau Asril Encik menyampaikan bahwa pemerintah setempat telah membentuk tim pengendalian harga pangan guna memantau kondisi serta harga bahan pangan di pasar setiap harinya.

Ia menjelaskan bahwa monitoring harga bahan pangan di pasar ini bertujuan untuk memantau kondisi harga serta upaya pencegahan terjadinya penimbunan bahan pangan yang dapat mengakibatkan kenaikan harga pangan.

Kemudian mengenai ketersediaan pangan, Pemerintah Provinsi Riau optimis tidak akan kekurangan bahan pangan sebab telah mengantisipasi jalur pendistribusian dan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Biasanya kekurangan stok pangan terjadi karena kendala pendistribusian akibat terputusnya jalan lintas dari Sumatera Barat ke Provinsi Riau yang disebabkan bencana alam seperti banjir maupun longsor.

"Namun tahun ini, hal itu tidak dikhawatirkan lagi, sebab telah ada jalur lain melalui Kiliran Jao," katanya. (ant)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »