Donald Trump Pecat Direktur FBI James Comey

Dibaca: 8689 kali  Rabu,10 Mei 2017
Donald Trump Pecat Direktur FBI James Comey
Ket Foto : foto Direktur FBI James Comey.

RADARPEKANBARU.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memecat direktur FBI James Comey. Pemecatan ini terjadi di saat FBI sedang melakukan investigasi soal dugaan orang terdekat Trump dengan Rusia untuk mempengaruhi hasil pemilu.

James Comey sendiri sedang memimpin investigasi dugaan intervensi Rusia dalam Pilpres AS beberapa waktu lalu. Trump menyampaikan pemecatan terhadap Comey melalui surat yang dirilis Gedung Putih.

"Sangat penting menemukan kepemimpinan baru untuk FBI yang dapat mengembalikan kepercayaan publik atas tugas penegakkan hukum lembaga itu," tulis Trump kepada Comey seperti dilansir Reuters, Rabu (10/5/2017).

Trump juga menyampaikan Comey tidak bisa memimpin FBI dengan baik. Jubir Gedung Putih Sean Spicer menyatakan akan menggelar seleksi direktur baru FBI.

Sebelumnya, Partai Demokrat menuding Comey berperan pada kekalahan Hilary Clinton pada Pilpres AS tahun 2016. Tuduhan tersebut berawal dari penyelidikan FBI soal penggunaan server email pribadi oleh Hilary saat menjabat sebagai Menlu di pemerintahan Barack Obama.

Pemecatan terhadap Comey memicu banyak pertanyaan di balik motif Trump. Pemecatan ini dibandingkan dengan langkah yang sempat dilakukan Presiden Richard Nixon saat memecat Jaksa Agung.(dtk)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »