Dishub Pekanbaru Pecat Dua Pramugara Bus TMP

Dibaca: 11947 kali  Kamis,04 Mei 2017
Dishub Pekanbaru Pecat Dua Pramugara Bus TMP
Ket Foto : foto internet

RADARPEKANBARU.COM - Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, memecat dua pramugara Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) karena terbukti melakukan penggelapan tiket.

"Kita sedang membuat surat PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) untuk mereka," kata Kepala Bidang Pengelolaan Pengawasan Angkutan Perkotaan (PPAP) Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Wisnu Haryanto di Pekanbaru, Rabu.

Pemecatan itu, kata Wisnu sesuai aturan yang menyebutkan bahwa bagi karyawan Bus TMP akan langsung dipecat apabila terbukti melakukan penggelapan tiket.

Wisnu menjabarkan kedua pramugara tersebut kedapatan menggelapkan tiket pada Senin (1/5) awal pekan ini. Setelah dilakukan pemeriksaan, mereka langsung ditindak secara tegas hingga berujung pada pemecatan.

Ia menjelaskan penggelapan tiket yang dilakukan pramugara umumnya dengan tidak memberikan tiket kepada penumpang, sehingga penumpang tersebut tidak termasuk dalam pemasukan. Kemudian petugas nakal juga mengambil tiket penumpang yang turun ¿lalu menjual kembali kepada penumpang baru.

Sementara itu, guna menekan kejadian serupa, ia mengimbai kepada setiap penumpang yang telah membayar agar meminta bukti tiket kepada pramura. Selanjutnya, ia juga mengimbau kepada penumpang bahwa tiket yang telah dibeli disobek sehingga tidak kembali dijual.  

"Pastikan juga nomor seri tiket tidak jauh beda dengan nomor seri penumpang lainnya," ujarnya. Lebih jauh, sepanjang 2017 ini ia mengatakan pihaknya telah memecat 11 karyawan, termasuk dua pramugara tersebut.

"Dari awal tahun sudah sembilan yang kita pecat, tambah dengan ini bila ditotalkan sudah 11 orang. Kalau pramudi dipecat lantaran ugal-ugalan membawa bus, sedangkan pramugra umumnya menggelapkan tiket," urainya.

Wisnu menjelaskan pihaknya akan terus melakukan evaluasi kepada petugas yang saat ini masih bekerja di Trans Metro Pekanbaru untuk terus menjami kenyamanan dan keselamatan masyarakat.

"Kita khawatir jika tidak dibersihkan maka pelayanan Trans Metro akan terganggu dan masyarakat yang merasakan dampaknya," tambahnya.

Trans Metro Pekanbaru yang identik dengan bus bewarna biru menjadi salah satu moda transportasi umum andalan masyarakat Kota Bertuah dan sekitarnya. Selain nyaman dengan pendingin udara, bus itu juga dilengkapi dengan pramugara yang siap membantu masyarakat untuk memberikan petunjuk arah. (antr)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »