Waspadai! Sudah 20 Warga Pekanbaru Positif DBD

Dibaca: 16955 kali  Jumat,07 Februari 2014
Waspadai! Sudah 20 Warga Pekanbaru Positif DBD
Ket Foto :
Pekanbaru, (radarpekanbaru.com) - Hingga minggu pertama Februari ini, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat sebanyak 20 warga dinyatakan positif Demam Berdarah Dengue (DBD). Kasus tersebut menyebar di beberapa kecamatan.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Diskes Pekanbaru, Husri SH M Si, Kamis (6/2/2014) di ruang kerjanya. "Data terakhir yang dihimpun dari semua pukesmas dan rumah sakit, sampai hari ini (kemarin), warga Kecamatan Rumbai dan Tampan yang paling terjangkit DBD. Di daerah ini masing-masing ditemukan ada 4 warga yang positif," tegasnya.

Secara rinci, Husri menjelaskan, dari 20 kasus DBD itu menyebar di Kecamatan Sukajadi 1 kasus, Senapelan 1 kasus, Pekanbaru Kota 1 kasus, Rumbai Pesisir 2 kasus, Rumbai 4 kasus, Sail 1 kasus, Bukit Raya 2 kasus, Marpoyan Damai 2 kasus, Tampan 4 kasus, dan Kecamatan Payung Sekaki 2 kasus.

Untuk menekan kasus DBD, kata Husri, Diskes tetap melakukan pencegahan yang sering disebut 3M plus (Menguras, Menutup, Mengubur dan plusnya memberi abate). Selain itu, meningkatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) adalah solusinya.

"Kemudian kita juga ada kader Jumantik, untuk memantau jentik-jentik di rumah-rumah penduduk. Setidaknya sampai tahun 2013 kemarin, kita sudah latih 41 kelurahan yang mempunyai kader Jumantik, dengan setiap kelurahan ada 25 kader. Insya Allah tahun ini kita akan latih 9 kelurahan lagi," bebernya.

Husri juga menerangkan, dibandingkan kasus DBD tahun 2012 dengan tahun 2013 jauh lebih menurun. Diketahui, tahun 2012 terdapat 157 kasus selama 1 tahun. Sedangkan tahun 2013 mengalami penurunan menjadi 113 kasus, sehingga ada 44 kasus alami penurunan. (ram/hr)
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »