Wakil Dekan I FH UIR , Admiral Raih Gelar Doktor di Universitas Islam Bandung

Dibaca: 19510 kali  Selasa,07 Februari 2017
Wakil Dekan I FH UIR , Admiral Raih Gelar Doktor di Universitas Islam Bandung
Ket Foto : Admiral bersama istri dan orangtuanya

RADARPEKANBARU.COM-Fakultas Hukum Universitas Islam Riau kembali memperoleh tenaga pengajar bergelar doktor setelah Wakil Dekan Bidang Akademis, Admiral menyelesaikan studi ilmu hukum keperdataan di Pascasarjana Universitas Islam Bandung, Selasa siang (7/2).

Admiral berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan tim penguji dan openen ahli yang diketuai Prof. Dr. H. Day Ravena SH, MH. Dalam penelitian ilmiahnya bertajuk, "Kontrak elektronik sebagai wujud asas kebebasan berkontrak dalam rangka pembaharuan hukum nasional", putera kelahiran Bagan Api-api ini menilai, pasal 1338 KUHPerdata yang menjadi alas dalam membuat perjanjian telah membuka pintu masuknya beragam bentuk perjanjian di masyarakat.Salah satu yang sedang berkembang adalah kontrak elektronik.

Ia menyarankan, perlu pengaturan khusus terhadap kaidah hukum perjanjian yang mengacu pada hukum progresif, akan tetapi tidak terlepas dari pasal 1338 BW dan asas kebebasan berkontrak. Prof. Dr. Mela Ismelina, yang bertindak selaku openen ahli pada sidang terbuka itu, sempat menyela saran promovendus.

Guru besar ini berpendapat, KUHPerdata lah yang harus dilakukan perubahan. Bukan melakukan pembaharuan terhadap hukum nasional. Selain dari Prof. Mela, Admiral juga tangkas dan cerdas menjawab berbagai pertanyaan dari penguji dan openen ahli lain, yang terdiri dari Prof. Dr. Ellydar Chaidir, Prof. Dr. Syafrinaldi, Prof. Dr. Edi Setiadi, Prof. Dr. Ati Rachmiati, Prof. Dr. Day Ravena dan lain-lain.

Sidang terbuka ini mendapat perhatian serius dari civitas akademika Universitas Islam Riau karena dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Abdullah Sulaiman dan Wakil Dekan II Dr. Rasyidi Hamzah. Juga Rektor Universitas Lancang  Kuning  Dr. Hj. Hasnati, Direktur Pascasarjana Unilak Prof. Dr. H. Sudi Fahmi. Dosen FH UIR seperti Dr. Thamrin, Dr. Ardiansyah, Dr. Syafriadi, Dr. Surizki Febrianto, Dr. Effendi Ibnu Susilo, Dr. Suparto, Dr. Herman Gazali dan Roni Sahindra. Juga belasan mahasiswa Fak. Hukum UIR. (rls)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »