Mengenang Wafatnya Ketua MUI Rohul-Tokoh Melayu Riau Hasbi Abduh

Dibaca: 12255 kali  Sabtu,21 Januari 2017
Mengenang Wafatnya Ketua MUI Rohul-Tokoh Melayu Riau Hasbi Abduh
Ket Foto : Drs. H. Hasbi Abduh, M.Ag

RADARPEKANBARU.COM- Drs. H. Hasbi Abduh, M.Ag adalah seorang Ketua Umum MUI Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Beliau dikenal sebagai orang yang memiliki kualifikasi keilmuan, baik di bidang agama maupun bidang pendidikan keagamaan.

Hal ini dibuktikan dengan gelar akademik yang diraihnya, yakni sarjana S1 di bidang pendidikan. S2 juga di bidang pendidikan. Dan sekarangpun sebenarnya sedang menempuh pendidikan S3 juga bidang pendidikan agama Islam.

Beliau juga seorang praktisi pendidikan, dimana beliau mendirikan Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan bahkan perguruan tinggi islam, yakni Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian, yang telah banyak melahirkan para sarjana di bidang pendidikan agama Islam dan bahkan di bidang Hukum Islam.

Selain seorang yang bergelut dalam bidang keilmuan dan pendidikan, beliau juga seorang tokoh adat, tokoh masyarakat, yang dibuktikan dengan keaktifannya pada organisasi Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hulu, sehingga pada dirinya mengalir nilai-nilai keagamaan dan sekaligus nilai-nilai adat istiadat Melayu yang identik dengan Islam.

H. Hasbi Abduh juga aktif dalam membantu kegiatan keagamaan, seperti Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Rokan Hulu. Beliau aktif menghadiri rapat-rapat BAZNAS dan memberikan solusi atas berbagai persoalan yang timbul dalam masyarskat, bahkan beliau juga sering terjun ke tengah masyarakat, untuk memberikan pencerahan di bidang zakat, di bidang kerukunan umat beragama, mengantisipasi aliran sesat, membina umat ke jalan yang lurus, dan lain sebagainya.

Beliau juga dikenal orangnya sangat sederhana, tidak neko-neko, tetapi komitmen keislaman, keumatan, dan kebangsaannya sangat kuat dan tidak diragukan lagi, sehingga sangat pantas jika beliau ditunjuk untuk menjadi Ketua MUI Rokan Hulu.

“Saya sebagai mantan Kakan Kemenag Rokan Hulu, yang saat ini ditunjuk Menteri Agama menjadi Kakanwil Kemenag Prov Riau, merasa sangat kehilangan, atas seorang tokoh yang selama ini banyak membantu tugas tugas saya di Rokan Hulu. Saya kira bukan hanya saya yang kehilangan, tetapi saya yakin Pemerintah Kab Rokan Hulu dsn seluruh masyarakat Rokan Hulu sangat kehilangan,” ucap Kakanwil Kemenag Riau, Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan MA, Sabtu (21/1/2017) malam di Pekanbaru.

Ahmad Supardi juga mengajak kepada masyarakat untuk  berdoa kepada Allah SWT, semoga Almarhum H. Hasbi Abduh diampuni segala dosanya dan ditempatkan pada tempat yang mulia di sisiNya, serta keluarga yang ditinggal, tabah, sabar dan tawakkal. Amien.(rls)

 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »