Peningkatan Mutu Olahraga,

Gubri mengharapkan agar atlet-atlet Riau dapat menciptakan sport sains

Dibaca: 20420 kali  Sabtu,17 September 2016
Gubri mengharapkan agar atlet-atlet Riau dapat menciptakan sport sains
Ket Foto : Gubri Arsyadjuliandi Rachman didampingi Ketua Koni Riau Emrizal Pakis menyaksikan pertandingan atlet Riau di Ajang PON XIX Jawa Barat

RADARPEKANBARU.COM-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) atau para atlet di masing-masing cabang olahraga. "Kita ingin olahraga ini dapat memasyarakatkan masyarakat, dan bisa menciptakan sumber daya manusia yang handal dan sehat. Kalau sudah sehat akan banyak yang dilakukan untuk hal-hal positif meraih prestasi," harap Gubri.

Gubri Arsyadjuliandi Rachman dan isteri menghadiri pembukaan PON Ke XIX Jabar (17/9/2016). Gubri juga mengharapkan agar atlet-atlet Riau dapat menciptakan sport sains. Dimana seorang atlet tidak hanya mencapai prestasi dengan fisiknya saja, namun bisa mendalami ilmu olahraga yang digelutinya.

"Dengan begitu, para atlet bisa menularkan kemampuannya ke lingkungan terdekatnya, seperti keluarga dan masyarakat.  Kalau dia (Atlet) mengusai ilmu cabang renang, hendaknya tularkan dan latih masyarakat. Agar masyarakat bisa membudayakan hidup sehat," ujarnya.

Sebagai bentuk penghargaan bagi pelatih dan atlet Riau yang telah membawa nama harum Riau baik ditingkat nasional dan internasional, Pemprov Riau, memberikan penghargaan dan uang pembinaan bagi pelatih dan atlet Berprestasi.

Penyerahan penghargaan tersebut, diserahkan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, pada upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-33 pada Jumat (9/9/2016) di halaman Kantor Gubernur Riau. Yang terdiri dari 12 orang, 2 pelatih berprestasi dan 10 atlet berprestasi. Masing-masing pelatih dan atlet menerima uang Rp7,5 juta.

Gubri mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada putra-putri asal Riau. Mereka merupakan hasil binaan asli Riau, bukan diambil dari daerah lain.

"Kita pasti memberikan penghargaan  kepada atlet berprestasi, untuk tahun ini istimewa disampaikan KONI, hampir semuanya atlet ini dari Riau binaan langsung kita, dan tidak mencari dari daerah lain. SDM anak Riau semua dan hasilnya menggembirakan. Lebih baik anak Riau yang  terjun langsung daripada mengimpor," ujar Gubri.

"Olahraga sesuai dengan kondisi bagaimana kita bisa meningkatkan dan mengejar ilmu pengetahuan melalui sports sains. Atlet bukan hanya berprestasi saja tapi juga mendalami ilmu olahraga ditularkan ke lingkungan, tahu persis ilmu olahraga," ungkap Gubri.
 

 


Foto : Gubri Arsyadjuliandi Rachman dan isteri didampingi Kepala Badan Penghubung Pemprov Riau Doni Aprialdi mendengarkan penjelasan jadwal pertandingan dan prestasi yang diraih atlet PON Riau dari Ketua Koni Riau Emrizal Pakis di Ajang PON XIX Jawa Barat Tahun 2016

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Edi Yusti, mengatakan, Olahraga bukan hanya prestasi, tapi juga pendidikan dan rekreaasi. Setiap tahunnya pemerintah selalu memberikan penghargaan kepada seluruh atlet dan pelatih.

"Kita lihat bagaimana yang diraih oleh pembinan dan insan olahraga pelatih dan atlet. Pretasi ditentukan oleh tekatnya yang kiat, disamping kita mempunyai sarana dan prasarana yang memadai," ujar Edi Yusti.

Dalam perhelatan akbar PON Ke XIX Jabar tahun 2016, Pemprov Riau dalam hal ini Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau optimis bisa masuk 10 besar.

"PON Jabar minimum kita bisa mempertahankan dari prestasi sebelumnya pada PON Riau 2012 silam. Kalau tidak bisa ditingkatkan, paling tidak kita harap bisa masuk 10 besar. Informasi dari KONI, kesiapan akhir PON Jabar, 10 besar yang ditargekan KONI Riau," kata Gubri.

Meski demikian, Andi Rachman sapaan akrab Gubri, berharap apa yang disampaikan KONI itu target terendah, bukan target optimis. "Mudah-mudahan target optimis yang disimpan KONI ini bisa tercapai," harapnya.

Gubri mengatakan pemerintah pasti akan memberikan. Apalagi para atlet telah berjuang membawa nama baik daerah di kanca nasional. "Riau tidak akan beli atlet luar dalam menghadapi PON XIX 2016, semua yang diturunkan wajib atlet daerah, yakni atlet berkualitas yang dihasilkan melalui program pembinaan olahraga di Riau," ucap Gubri.

Pemprov Riau, katanya, siap mendayagunakan bibit lokal yang ada di daerah sehingga dukungan pendanaan juga telah disiapkan melalui APBD setempat. Bahkan pendanaan juga akan difasilitasinya untuk melibatkan perusahaan maupun pengusaha sebagai bapak angkat di masing-masing cabang olahraga (cabor).

Tujuannya adalah adalah untuk mendidik atlet-atlet potensial daerah guna dicetak menjadi duta olahraga, sehingga ke depan mampu mengharumkan nama daerah di berbagai kejuaraan tingkat nasional, kemudian mengangkat nama Indonesia di laga internasional.


Foto :Gubri Arsyadjuliandi Rachman pada Pembukaan Turnamen Sepak Bola U-13 di Kecamatan Tandun, Kabupaten Rohul (15/9/2016).Pada Moment ini Gubri berharap melalui perlombaan ini dapat menghasilkan Atlet-atlet yang dapat mewakili Riau dan bahkan mewakili Indonesia dalam berbagai kejuaraan

Pemprov Riau terus mendukung kemajuan olaharga, yakni selain dukungan APBD yang diberikan tiap tahunnya, dan terus melakukan pembibitan dan pembinaan olahraga berprestasi. Karennya, sebelum bertolak ke Jabar, Gubri berpesan kepada  rombongan atlet Riau untuk menjaga nama baik Provinsi Riau. "Selama rombongan di sana jaga selalu marwah melayu yang santun, elok dimanapun berada khususnya saat dipertandingan," ucapnya.

Tak lupa Gubri meminta atlet selalu menjunjung sportifitas saat di luar maupun dalam pertandingan. Karena PON merupakan arena untuk meningkatkan prestasi nasional maupun ditingkat internasional. Para atlet harus menunjukkan semangat dan pengabdiannya selama di pertandingan karena masyarakat Riau telah mengamanahkan kepada para atlet untuk mengukir prestasi

PON ke XIX di Jawa Barat tahun 2016, Gubri juga langsung melihat beberapa perlombaan dan mendukung langsung Atlet Riau yang berlomba di PON XIX Jawa Barat tersebut.

"Saya atas nama Pribadi dan Selaku Gubernur Riau mengajak masyarakat Riau untuk memberikan dukungan dan doa untuk atlet kita yang sedang membawa nama Riau di PON XIX Jawa Barat, semoga target dan hasil maksimal mampu diraih para Atlet Kebanggaan Riau tersebut. (Adv/radarpku)

 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »