Pimred Radar Pekanbaru Berbagi Enam Kiat Jitu Kepada Mahasiswa UNRI, Cara Mengatasi Demam Panggung

Dibaca: 25338 kali  Senin,18 April 2016
Pimred Radar Pekanbaru Berbagi Enam Kiat Jitu Kepada Mahasiswa UNRI, Cara Mengatasi Demam Panggung
Ket Foto : Gubernur BEM Faperta Univeristas Riau, Tri Wahyudi Mememberikan Cendra Mata Berupa Plakat Kepada Pimred Radar Pekanbaru , minggu (17/4)

RADARPEKANBARU.COM-Pimpinan Redaksi Radar Pekanbaru dari kantor berita www.radarpekanbaru.com, Bunyana, ST hadiri undangan BEM Fakultas Pertanian Universitas Riau untuk mengisi materi publik speaking dalam kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Organisai (LKMO) Minggu, 17 April 2016 .

Mahasiswa sebagai kaum intelektual sekaligus agen perubahan  tentu dituntut memiliki kemampuan retorika dan kecakapan berbicara di depan umum. Menjadi seorang orator dan mampu berbicara didepan orang banyak menjadi sesuatu yang wajib ketika seseorang menyandang prediket mahasiswa.

Mahasiswa yaitu sebuah perpaduan kata Maha dan Siswa , yang dapat disimpulkan memiliki makna seorang individu terpelajar yang memiliki kemampuan luas.

Dalam kesempatan mengisi materi Pimred Radar Pekanbaru setidaknya berbagi enam kiat agar mahasiswa mampu tampil berbicara di hadapan publik.

Suasana pelatihan bertambah hidup ketika diisi dengan sesi dialog dan tanyajawab seputar mengatasi persoalan klasik bagi banyak aktivis dan para mahasiswa yang selalu merasa minder atau demam panggung ketika dihadapkan dangan persoalan berbicara dihadapan banyak orang.

Permasalahan demam panggung sebenarnya menurut alumni HMI ini, adalah faktor kepercayaan diri yang kurang didalam diri para mahasiswa, sering menolak tampil ketika diberi kesempatan berbicara dan merasa tidak mampu. Ini bisa diatasi dengan banyak berlatih dan melaksanakan enam kiat dasar yang telah diberikan oleh pembicara.

Mahasiswa para peserta pelatihan LKMO terbakar semangat dan antusias mengikuti setiap kiat yang diajarkan oleh pembicara. Suasana bertambah hidup ketika para mahasiswa diberi satu tema oleh Bunyana,ST dan meminta mahasiswa langsung praktek berpidato dihadapan teman-temannya layaknya seorang orator.  

Bunyana,ST diakhir kesempatanya juga menyarankan kepada kalangan aktivis BEM dan para mahasiswa agar terbuka bergabung mencari ilmu keorganisassian diluar BEM demi menambah wawasan pergaulan dan mengasah kemampuan publik speakingnya.

"BEM bagus namun jangan hanya sampai disini, silahkan adik-adik mahasiswa memilih organisisi eksternal seperti HMI,PMII, Kammi, IMM dan lainya, karena disana adinda semua akan belajar bersosialisasi sambil mengasah kemamupan bicara pada banyak forum diskusi" tutur Bunyana,ST pria yang menuntaskan semua jenjang pengkaderannya di HMI selama menjadi mahasiswa ,mulai dari LK I, LK II, SC dan Terakhir LK III di Kota Ternate Badko HMI Malmalut.

Gubernur BEM Faperta Univeristas Riau, Riski Andika mengucapkan terimakasih atas kesedian Pimred Radar Pekanbaru mengisi materi LKMO di BEM Faperta. Riski mengaku sangat menyesal karena hinga saat ini di semester 8 belum sempat bergabung di HMI.

Acara diakhiri dengan pemberian cendera mata berupa plakat kenang-kenangan dari BEM Faperta untuk Pimred Radar Pekanbaru. (erik)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »