Polisi Amankan Dua Warga Pekanbaru Terduga ISIS

Dibaca: 16619 kali  Senin,09 November 2015
Polisi Amankan Dua Warga Pekanbaru Terduga ISIS
Ket Foto : Ilustrasi

RADARPEKANABRU.COM- Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, Riau mengamankan dua pria warga negara Indonesia berinisial FR dan RS yang merupakan terduga jaringan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), Senin.

"Keduanya diamankan di Pelabuhan Singapura karena menggunakan paspor palsu," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo kepada Antara di Pekanbaru.

Dia menjelaskan kedua pria warga Pekanbaru FR (31) dan RS (26) itu dijemput oleh Jajaran Polresta Pekanbaru dari Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru setelah sebelumnya diamankan oleh Jajaran Polda Kepulauan Riau.

Keduanya diketahui masuk ke Singapura melalui Batam, Kepulauan Riau beberapa waktu lalu. Dari informasi yang didapat, jelas Guntur, mereka berencana terbang ke Syria dengan menggunakan "Passport" palsu.
"Saat diketahui bahwa paspor keduanya palsu, mereka langsung diamankan Polisi Singapura," jelasnya.

Saat ini keduanya diamankan di Polresta Pekanbaru guna diperiksa lebih lanjut.

Dugaan keterlibatan warga Pekanbaru yang diduga tergabung dengan jaringan ISIS sebelumnya pernah diungkap oleh Intelijen Polda Riau pada Juli 2015 lalu. Direktorat Intelijen dan Keamanan Kepolisian Daerah Riau mendeteksi keberadaan sebuah keluarga yang terkait dengan jaringan (ISIS).

"Keluarga tersebut terdiri dari suami yang bernisial TB, istrinya YB dan anaknya MJ," kata Guntur.
Ia menjelaskan kepastian bahwa mereka merupakan bagian dari jariangan ISIS bersumber dari beragam informasi yang berhasil dikumpulkan oleh intelijen Polda Riau beberapa waktu lalu.
"Kita memiliki rekaman komunikasi mereka, dokumentasi foto-foto mereka dan bukti lainnya," jelasnya.

Menurutnya, dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa TB sudah terlebih dahulu berada di Syria sejak tahun 2013. Selanjutnya, beberapa bulan lalu ia meminta kepada istri dan anaknya untuk turut serta mengikuti jejaknya ke Syria melalui jalur penerbangan Jakarta ke Turkey untuk kemudian menuju ke wilayah Hatai.(*)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »