Kabar Baik Bagi Penggangguran, Bursa Kerja PCR-Disnaker Sediakan 1500 Lowongan

Dibaca: 17832 kali  Kamis,22 Oktober 2015
Kabar Baik Bagi Penggangguran, Bursa Kerja PCR-Disnaker Sediakan 1500 Lowongan
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM- "Job Fair" atau Pameran Bursa Kerja yang diselenggarakan oleh Politknik Caltex Riau dan Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru di Gedung Serbaguna kampus setempat, 21-22 Oktober diikuti 40 perusahaan yang menyediakan sekitar 1500 lowongan.

"Sebanyak 40 perusahaan ikut serta dengan menyediakan 1500 lowongan kerja. Perusahaan tersebut antara lain berasal dari sektor perkebunan, industri elektronik, pendanaan, dan masih banyak lagi. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi para alumni maupun masyarakat luas," kata  Direktur PCR, Dr Hendriko dalam kata sambutannya.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa helatan kali ini terasa berbeda karena mengusung tema Pekanbaru Job Fair 2015. Acara ini merupakan kali ketiganya diselenggarakan PCR dan kali pertama bekerja sama dengan Disnaker Pekanbaru melalui anggaran Direktorat Pengembangan Kesempatan Kerja Kementrian Tenaga Kerja.

"Tahun lalu jumlah pencari kerja di bursa kerja PCR mencapai dua ribu orang. Untuk yang sekarang ini diharapkan  jauh lebih besar dari tahun sebelumnya," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi yang membuka kegiatan tersebut mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi fasilitas bagi pencari kerja. Tentunya juga, kata dia, untuk mengurangi angka pengangguran di Pekanbaru.

"Angka pengangguran meningkat dari 6,4 persen menjadi 9,6 persen untuk Kota Pekanbaru. Diperlukan adanya pameran bursa kerja yang memfasilitasi mereka untuk mendapatkan pekerjaan," ujarnya.

Ayat juga menargetkan untuk bursa kerja kali ini jumlah pencari kerja enam ribu orang akan hadir. Pencaker itu bisa berasal dari lulusan SMA/SMK, Perguruan Tinggi tingkat Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

"Kegiatan ini gratis, tidak dipungut biaya apapun apalagi bagi pencari kerja. Setiap pencari kerja hanya perlu mempersiapkan lamaran yang biasa diperlukan saja, seperti riwayat hidup, surat lamaran, ijazah dan dokumen pendukung lainnya," jelasnya.

Kepala Disnaker Pekanbaru, Jhoni Nst, menambahkan bahwa ini merupakan kedua kalinya diadakan lembaganya pada tahun 2015 ini. Pertama digelar Juni lalu dan hasil evaluasinya ternyata tidak semua lowongan bisa dilamar pencari kerja.

"Pencaker lebih banyak, tai tidak sepenuhnya diterima karena alasan teknis dan non teknis. Untuk itu sekarang kita imbau selalu persiapkan diri dan sebaik-baiknya dan perusahaan jangan terlalu memberatkan persyaratan dan melaporkan perkembangan rekrutmen setelah satu bulan," sebutnya.(*)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »