Tiga Kepala Keluarga Suku Kubu Tersesat ke Pekanbaru

Dibaca: 19918 kali  Selasa,20 Oktober 2015
Tiga Kepala Keluarga Suku Kubu Tersesat ke Pekanbaru
Ket Foto : Suku Anak Dalam yang tersasar di Pekanbaru Riau, Minggu (18/10/2015). Suku Kubu ini mengaku mengungsi karena kabut asap melanda hutan mereka di Provinsi Jambi. (VIVA.co.id)

RADARPEKANBARU.COM- Tiga kepala keluarga dari suku anak dalam atau Kubu asal Provinsi Jambi ditemukan tersesat di Pekanbaru Riau, Minggu 18 Oktober 2015. Rombongan ini mengaku terpaksa mengungsi setelah hutan tempat tinggal mereka terbakar.

"Mereka mengungsi karena kabut asap pekat menyelimuti daerah mereka," ujar anggota Satuan Lantas Polresta Pekanbaru, Bripka Dendi Sandra Syarif, Senin 19 Oktober 2015.

Suku Kubu yang mengungsi ini terlihat membawa serta anak istri mereka. Meski kalau dikalkulasikan jarak tempuh mereka dari Jambi hingga ke Riau mencapai lebih dari 250 kilometer, namun mereka tetap bisa leluasa mengendarai satu motor dengan enam hingga tujuh orang penumpang sekaligus.

Dan diketahui bersama motor itu juga, seluruh perbekalan seperti ubi kayu dan alat berburu ikut dibawa serta.

Diakui Dendi, saat rombongan yang terdiri atas tiga motor ini dihentikan. Mereka tengah melintas di ruas jalan tertib lalu lintas Jalan Sudirman Pekanbaru.

"Saat ditanya mereka mengaku ingin mencari arah jalan ke Jambi lagi. Karena sudah kesasar jauh, akhirnya kita menunjukkan arah jalan ke Jambi sembari meminta untuk tetap berhati-hati dan menjaga keselamatan," kata Dendi.

Suku Kubu atau lazim disebut suku anak dalam, merupakan suku asli yang mendiami hutan belantara di Provinsi Jambi. Sejumlah orang suku ini masih banyak belum menyentuh moderenitas. Komunitas ini memilih bertahan di hutan dan hidup seadanya mengandalkan hasil hutan.

Pekan lalu, puluhan keluarga suku ini juga sempat tersasar hingga ke Kabupaten Ogan Ilir SUmatera Selatan. Beruntung kehadiran mereka cepat diketahui dan segera mendapatkan pertolongan.

Pengakuan mereka, bencana kabut asap telah membuat hidup mereka semakin susah di dalam hutan. (viva)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »