Dirut TMP Pekanbaru Liburkan Bus Pertama Lebaran,Justru Dirut Transjakarta Putuskan Tetap Beroperasi

Dibaca: 17582 kali  Sabtu,11 Juli 2015
Dirut TMP Pekanbaru Liburkan Bus Pertama Lebaran,Justru Dirut Transjakarta Putuskan Tetap Beroperasi
Ket Foto : Trans Jakarta

RADARPEKANBARU.COM Hari pertama Idul fitri 1436 Hijriah dipastikan bus TMP tidak akan beroperasi.

Hal ini disampaikan Dirut PD Pembangunan Heri Susanto kepada wartawan. Ia mengatakan selain karena masyarakat yang berpergian berkurang, pihaknya juga memberikan kesempatan kepada petugasnya untuk bisa berhari raya bersama keluarga di hari pertama.

"Biasanya kalau hari pertama itu sepi, makanya kita tidak akan oprasionalkan bus TMP itu," ujar Heri.

Heri menerangkan untuk hari kedua lebaran, PD Pembangunan akan kembali mengoperasikan bus TMP. Namun di hari kedua lebaran nanti, jadwal oprasional bus TMP tidak berjalan penuh seperti biasa.

"Hari kedua lebaran, kita beroperasi mulai dari pukul 11.00 sampai pukul 18.00 wib. Operasional bus TMP akan kembali normal seperti biasa di hari ketiga lebaran," jelas Heri.

Sementara untuk jumlah armada, dipastikan tidak ada pengurangan, begitu juga dengan rute yang akan dilayani bus TMP juga masih tetap seperti biasa.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT memastikan selama libur lebaran nanti bus TMP tetap akan beroprasi. Bahkan Ia telah meminta pengelola bus TMP agar tetap melayani masyarakat selama libur lebaran.

Sebab, saat libur lebaran masih banyak warga Pekanbaru yang membutuhkan kendaraan umum. Bukan hanya warga Pekanbaru, namun bagi warga Pendatang juga harus bisa terlayani dengan baik, meskipun dalam suasana libur lebaran.

"Kalau bisa malah dimaksimalkan lagi, untuk masyarakat pergi berlebaran," katanya.

Transjakarta Tetap Beroperasi Saat Idul Fitri

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyatakan akan tetap mengoperasikan seluruh armada bus Transjakarta pada Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

"Semua armada akan tetap beroperasi, dan ini akan menjadi pertama kalinya bagi kami untuk tetap mengoperasikan armada bus Transjakarta saat Hari Raya Idul Fitri," kata Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Kosasih di Jakarta, Rabu (8/7/2015).

Meskipun demikian, pria yang lebih akrab disapa Kosasih itu mengatakan saat Hari Raya Idul Fitri, transportasi masal tersebut baru akan mulai beroperasi pada siang hari, atau setelah para petugas menunaikan shalat Id.

"Pelayanan bus Transjakarta tetap kami berikan untuk mengantisipasi adanya warga yang tidak pulang kampung saat Lebaran, namun tetap ingin melakukan kunjungan silaturahmi ke rumah sanak saudara," ujar Kosasih.

Dia menuturkan selama libur Lebaran dan cuti besama, seluruh jajaran direksi serta petugas Transjakarta akan menerapkan sistem piket, sehingga bus dapat terus beroperasi melayani masyarakat. "Kita memberlakukan sistem piket karena selama libur Lebaran, tempat-tempat rekreasi yang ada di Jakarta biasanya selalu menjadi tujuan utama para penumpang bus Transjakarta," tutur Kosasih.

Lebih lanjut, dia pun mengungkapkan PT Transjakarta akan memberikan insentif khusus kepada karyawannya yang tetap bertugas selama libur Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah. "Bagi karyawan PT Transjakarta yang tetap masuk selama libur Lebaran, kami akan memberikan insentif khusus. Sehingga, diharapkan para petugas akan tetap melayani para penumpang dengan baik," ungkap Kosasih.

Dia menambahkan pemberian bonus tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada karyawan yang masih tetap bekerja dan merelakan waktunya untuk tidak berkumpul bersama keluarga saat Lebaran.(radapku/hlr/harianterbit)
 

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »