Geliat Pembangunan Desa Alahan di Rohul

Dibaca: 51024 kali  Kamis,05 Maret 2015
Geliat Pembangunan Desa Alahan di Rohul
Ket Foto : Perangkat Desa Alahan
ROHUL,RADARPEKANBARU.COM-Mari mengenal sejenak kita mengenal Desa Alahan yang terletak di Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Indonesia. Jika anda ke Rokan Hulu yang Desa ini terletak sekitar +/- 300 km dari pekanbaru, Ibu Kota Provinsi Riau. Desa Alahan merupakan desa berpenduduk melayu rokan yang memiliki objek wisata sungai berbatu nan indah yang dapat menyejukkan mata memandang. Mata pencaharian sebagian masayrakat adalah bertani, dan berkebun (sawah, sawit dan karet).


Foto : Sungai Berbatu di Desa Alahan


Foto : Kantor Desa Alahan



Foto : Sungai dengan gugusan pasirnya di Desa Alahan

Desa ini turut menjadi perhatian dari mahasiswa asal Rohul, Yose Maulana Kabid keagamaan yang di dampingi Wahyu Hidayat selaku staf Keagamaan Himpunan Mahasiswa Rokan Hulu (Himarohu) turut mendukung pembangunan Desa yang ada di kabupaten Rokan Hulu ,menurutnya Desa Alahan di Rohul dapat menjadi contoh yang baik dalam pengembangan pendidikan islam .

"Untuk saat ini pendidikan yang paling dominan untuk mencetak pemuda dan pemudi yang ber agama,bermoral dan ber akhlakul karimah untuk menuntun masyarakat dimasa yang akan datang adalah pendidikan Agama islam,terutama mengembalikan etos kemelayuan nya, di rohul Desa Alahan dapat dijadikan contoh dalam pengembangan pendidikan islam " kata Yose Maulana.

Sebagaimana diketahui Desa Alahan Adalah Sebuah Desa Kec.Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu yang diresmikan pada tanggal 7 juli 2007 oleh Bupati Rokan Hulu Bpak Drs. Ahmad Msi dengan payung hukum Perda No 14 tahun 2007 dengan luas wilayah Desa 1.739 Ha.

Kepala Desa Alahan Jhon Kardison kepada radarpekanbaru.com, kamis (4/3), mengungkapkan bahwa selama masa jabatan nya 2011-2017 Desa Alahan di bawah kepemimpinannya telah berhasil meningkatkan pendidikan putra-putri Desa Alahan terutama yang kurang mampu, misalnya diberikan santunan dan bagi yang berprestasi diperjuangkan agar mendapat bantuan melalui beasiswa dari APBD Kabupaten Rokan Hulu ,ini menjadi salah satu kiat sehingga Desa ini menjadi maju serta memiliki masyarakat yang rukun dan damai.

"Meningkatkan infrustruktur penunjang pendidikan merupakan salah satu tujuan kami selaku perangkat Desa supaya putra-putri desa kami kelak agar memiliki rasa peduli terhadap Desa, Bangsa dan Agama,"kata Jhon Kardison.

"Banyak pembangunan infrastruktur yang telah kami bangun ,terutama infrastruktur penunjang pendidikan pendidikan agama yang menjadi pencetak ahklak dan moral putra-putri Desa Alahan seperti pembangunan Masjid,PAUD,TK,MDA selama ini kita prioritaskan," tuturnya.(radarpku)

Editor : Alamsah
Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »