Gubri Syamsuar Sorot Soal Pengawasan Pasien Isolasi Mandiri

Dibaca: 2363 kali  Rabu,16 September 2020
Gubri Syamsuar Sorot Soal Pengawasan Pasien Isolasi Mandiri
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM - Gubernur Riau Syamsuar akan menyediakan lokasi untuk pasien positif Covid-19 yang mengalami gejala ringan. Karena selama ini, pasien tersebut sebagian besar menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. 

Syamsuar mengatakan, isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19 di rumah kurang maksimal pengawasannya. Ia meminta, satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 harus menentukan langkah cepat dalam mengatasi penyebaran virus tersebut, terutama mengurangi penularan wabah. 

"Karena melakukan isolasi mandiri di rumah itu, tidak maksimal pengawasannya dan penjagaannya," kata Gubri, Selasa (15/9/20).

Saat ini, terdapat 655 pasien virus corona yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Itu akan dievaluasi oleh Pemprov Riau. Syamsuar meminta, pasien tersebut diisolasi pada tempat yang telah ditentukan agar lebih memudahkan dalam melakukan pengawasan. 

Untuk itu, kata Syamsuar, penyediaan tempat atau lokasi khusus isolasi mandiri harus segera dituntaskan. Selain itu, tenaga medis juga harus ditambah agar lebih maksimal dalam menangani covid-19. 

"Dalam hal ini, Dinas Kesehatan dan rumah sakit bekerja sama dengan IDI dan PMI untuk penambahan tim medis. Tim itu akan diberikan pelatihan untuk menangani pasien covid-19," jelas Syamsuar. 

Jika ruang isolasi mandiri kapasitasnya tidak mencukupi, Syamsuar mengatakan akan menyediakan lokasi alternatif tempat yang telah disediakan. Seperti memanfaatkan hotel untuk merawat pasien positif gejala ringan.(rtc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »