Warga Riau di Wuhan dalam Kondisi Sehat

Dibaca: 2131 kali  Selasa,28 Januari 2020
Warga Riau di Wuhan dalam Kondisi Sehat
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM - Seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini terkurung di Kota Wuhan, Cina. Termasuk enam orang asal Riau ada dalam kondisi sehat.

WNI yang sebagian besar adalah mahasiswa sekarang tinggal di dalam asrama masing-masing. Mereka berada di bawah pengawasan rektor masing-masing.

Demikian disampaikan anggota Komisi I DPR RI Saiful Tamliha kepada Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau di Jakarta Erisman Yahya, Senin (27/01/2020) malam.

Erisman sengaja mengonfirmasi kondisi enam orang mahasiswa asal Riau yang saat ini dikabarkan terkurung di Kota Wuhan, menyusul merebaknya wabah virus corona.

Saiful Tamliha adalah anggota Komisi I DPR RI yang antara lain membidangi masalah luar negeri. Mitra kerja Komisi I antara lain adalah Kemenlu RI.

"Sampai saat ini, ada sekitar 57 juta orang yang terkurung di Wuhan. Mereka tidak boleh keluar dan tidak bisa dievakuasi, karena tidak mendapat izin dari Xi Jinping (Presiden Tiongkok)," ungkap Saiful.

Lebih jauh, menurut anggota FPPP ini, warga negara Indonesia ada sekitar 100 orang. Termasuk enam orang mahasiswa asal Riau. "Kalau mereka mahasiswa, mereka tinggal dalam asrama.

Mereka berada dalam pengawasan rektor masing-masing," tambahnya. Saiful menegaskan bahwa saat ini seluruh WNI ada dalam keadaan sehat. Tidak ada yang terinfeksi virus corona.

"Tapi tidak ada satu negara pun yang bisa mengevakuasi warganya. Bahkan Amerika dan Prancis tidak bisa. Xi Jinping tidak kasih izin. Mereka tidak mau ambil resiko," tambahnya.

Saiful mengaku terus memantau WNI yang ada di Wuhan dan berkoordinasi dengan Kemenlu.(ckc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »