LPj Penyaluran BOS dan BOSDA di Bengkalis akan Disampaikan Online

Dibaca: 7458 kali  Jumat,01 Februari 2019
LPj Penyaluran BOS dan BOSDA di Bengkalis akan Disampaikan Online
Ket Foto : ilustrasi internet

RADARPEKANBARU.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis akan siapkan aplikasi khusus kepada manajemen sekolah dari sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) dalam membuat laporan pertanggungjawaban atau SPj dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan BOS Daerah (BOSDA), diberi nama Elektronik BOS (E-BOS).

 

Kepala Disdik Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura, S.Pd, M.Pd mengatakan, bahwa laporan pertanggungjawaban BOS dan BOS BOSDA agar dibuat sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) sehingga dalam pelaporan pemeriksaan dilakukan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI atau Inspektorat tidak ditemukan masalah.

 

Dan diakui Edi Sakura, bahwa dalam hal pelaporan pertanggungjawaban Dana BOS maupun BOSDA masih harus dibenahi, seperti lambannya penyampaian oleh kepala sekolah (Kasek). "Tapi Alhamdulillah, sampai saat ini laporan SPj sudah selesai semuanya, dan kita ingatkan agar kedepannya lebih baik. 2019 ini kita sudah buatkan aplikasi Elektronik BOS dan akan dilakukan sosialisasi ke semua sekolah, SMP dan SD," ungkapnya usai menggelar pertemuan dengan seluruh kepala SD dan SMP di Kantor Disdik Bengkalis, Jalan Pertanian, Kamis (31/1/19) siang.

 

Sosialisasi E-BOS menurut Edi, akan dilakukan mulai Senin (4/2/19) pekan depan ke sekolah-sekolah. Bagaimana cara menggunakan aplikasi itu mulai untuk membuat program sampai dengan laporan keuangannya dan langsung online ke Disdik. Edi yang baru dilantik Jum'at pekan lalu sebagai Kepala Disdik definitif ini berharap, dengan efektifnya sistem itu pemeriksaan dilakukan oleh BPK RI, Inspektorat dan yang lainnya tidak ada kendala.

 

"Karena dalam penggunaan dana BOS atau BOSDA itu harus transparan, akuntabel serta terpercaya agar capaian ke masyarakat yang menikmati dapat optimal," harapnya.***(rtc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »