LAMR Rohul Akui Tengku Endrizal Sebagai Raja Rokan
Plt Bupati Asmar Terima Penghargaan Cakaplah Awards 2024
Bengkalis Dinobatkan Daerah Informatif, Industri Pers Dipandang Sebelah Mata
Polsek Rangsang Ungkap Sindikat 3 Pengedar Narkoba Dalam Satu Hari
Benarkah Sahabat Nabi SAW, Ibnu Abbas, Bolehkan Kawin Kontrak atau Nikah Mutah?
“Maka istri-istri yang telah kamu nikmati (campuri) di antara mereka, berikanlah kepada mereka maharnya (dengan sempurna), sebagai suatu kewajiban...”(QS an-Nisa ayat: 24).
Imam al-Suyuthi berkata dalam al-Durr al-Mantsur mengutip Ibnu Hatim, dia menukilkan dari Ibnu Abbas: "Menggaulai wanita ada pada awal Islam, dan seorang pria akan datang ke sebuah kota tanpa seorang pun untuk memperbaiki keadaannya dan menjaga harta bendanya, sehingga dia akan menikahi seorang wanita selama dia pikir dia bisa menyelesaikan kebutuhannya.
Ibnu Abbas membaca ayat 24 surat an-Nisa, “Apa yang telah kamu nikmati dari mereka untuk jangka waktu tertentu... Kemudian ayat ini digantikan (hukumnya) dengan ayat 5 surat al-Maidah (tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik menikah. Seorang laki-laki dapat menahan wanita selama yang ia inginkan dan menceraikannya ketika ia menginginkannya.."
Al-Thabarani dan Al-Baihaqi dalam kitab Sunnah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, ia berkata, “Mutah terjadi pada masa permulaan Islam, mereka biasa membaca ayat ini, ‘Apa yang kamu senangi dari mereka...’. Maka seorang laki-laki datang ke suatu kota yang belum dikenalnya, lalu ia menikah selama ia merasa cukup dengan kebutuhannya untuk menjaga hartanya dan menyelesaikan urusannya sampai turun ayat 23 surat an-Nisa. Ayat Al-Qur'an: “Ibu-ibumu adalah haram bagimu: Kecuali suami mereka atau budak yang mereka miliki. Kemaluan selain kategori ini adalah haram."
Oleh karena itu, Ibnu Abbas pernah meyakini bahwa nikah mutah dibolehkan pada awal Islam, namun kemudian dia berbalik dari hal itu, dan telah menjadi ketetapan di kalangan ahli sunnah, baik yang dahulu maupun yang sekarang, bahwa nikah mutah telah dinasakh (dihapus) dan diharamkan sampai hari kiamat.
Sebuah laporan mendalam diturunkan Los Angeles Times yang membongkar praktik kawin kontrak atau nikah mutah di kalangan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Laporan yang dilansir Rabu (11/9/2024) itu sebagai berikut:
Adalah Cahaya, bukan nama asli. Kawin kontrak pertamanya adalah dengan seorang turis dari Arab Saudi. Dia berusia 50-an tahun, dan dia berusia 17 tahun. Mereka menikah dalam sebuah upacara kecil di sebuah kamar tamu di sebuah hotel bintang tiga di Jakarta di bawah ketentuan hukum Islam yang kontroversial.
Seorang kakak perempuan bertindak sebagai wali, dan agen yang menjadi perantara kesepakatan bertindak sebagai saksi.
Sang pria membayar mas kawin sekitar 850 dolar AS, dan setelah agen dan penghulu mengambil bagiannya, sang wanita hanya menerima setengahnya.
Pengantin baru ini pergi ke vila liburan milik pria tersebut di resor pegunungan Kota Bunga, yang berjarak dua jam perjalanan ke arah selatan.
Ketika mereka tidak berhubungan seks, dia mengepel lantai dan memasak, menonton TV atau mengobrol dengan pembantu rumah tangga asal Indonesia. Tapi kebanyakan dia hanya menunggu sampai semuanya berakhir.
Kota Bunga, adalah klaster vila liburan di kawasan Puncak, adalah resor populer bagi wisatawan dari Timur Tengah. Kota Bunga juga merupakan tujuan utama untuk kawin kontrak dengan wanita Indonesia, yang mengumpulkan mahar sebagai sarana pendapatan.
Perjalanan itu memakan waktu lima hari. Pria itu naik pesawat kembali ke Arab Saudi, di mana dia secara sepihak mengakhiri pernikahan dengan mengucapkan kata Arab untuk bercerai: “talak.”
Dia bahkan tidak pernah memberitahukan nama aslinya, dan menyebut dirinya Cahaya, nama samaran yang dia gunakan selama satu dekade dalam kawin kontrak. Dia sudah lama tidak ingat berapa jumlah persisnya, namun dia yakin jumlahnya setidaknya 15 orang, semuanya adalah turis dari Timur Tengah.
“Itu semua adalah penyiksaan,” katanya. “Yang ada dalam pikiran saya, setiap saat, adalah saya ingin pulang.”
“Nikah mut'ah” - atau ‘nikah siri’, demikian sebutan untuk pernikahan sementara - telah menjadi urat nadi perekonomian di daerah pegunungan di Indonesia yang disebut Puncak. Praktik ini telah menjadi sangat umum sehingga daerah tersebut menjadi sangat erat kaitannya dengan apa yang orang Indonesia sering sebut sebagai “kampung janda”.
Cahaya mengatakan bahwa ia mengenal tujuh perempuan lain dari desanya yang berpenduduk 1.000 orang yang mencari nafkah dengan cara ini
Seperti halnya prostitusi, kawin kontrak adalah ilegal di bawah hukum Indonesia. Namun hukum jarang ditegakkan. Sebaliknya, nikah mutah telah berkembang menjadi sebuah industri, dengan jaringan luas yang terdiri dari para calo, petugas, dan perekrut yang tumbuh subur di wilayah abu-abu antara gereja dan negara.
Selama bertahun-tahun, Thailand adalah salah satu tujuan paling populer di Asia Tenggara bagi turis Timur Tengah, termasuk turis seks. Hal ini mulai berubah pada tahun 1980-an, setelah skandal aneh yang melibatkan pencurian berlian dan serangkaian pembunuhan menciptakan keretakan diplomatik antara Arab Saudi dan Thailand.
Indonesia adalah pengganti yang jelas: sebuah negara yang 87 persen penduduknya beragama Islam dan orang-orangnya sudah dikenal oleh banyak orang di Arab Saudi sebagai imigran yang datang untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga atau sopir.
Orang-orang Arab Saudi dan Timur Tengah lainnya berbondong-bondong datang ke pegunungan Puncak yang rimbun. Di sebuah kota yang dikenal sebagai “Kampung Arab”, menu-menu restoran dan etalase toko-toko sering kali menampilkan terjemahan dalam bahasa Arab. Bagi para wisatawan yang mencari pernikahan sementara, para ahli mengatakan bahwa Kota Bunga adalah tujuan utama.
Pada masa-masa awal, para gadis dan wanita muda ditawarkan kepada para turis oleh anggota keluarga atau kenalan mereka. Kini, para calo yang bertanggung jawab.
Budi Priana, seorang sopir dan penerjemah berusia 55 tahun, menyaksikan pernikahan kontrak Islam pertamanya 30 tahun yang lalu.
Sejak saat itu, pernikahan siri menjadi semakin populer sebagai cara bagi perempuan setempat untuk menghasilkan uang. Namun, mas kawin yang bisa mereka dapatkan dari setiap pernikahan semakin menurun.
Yayan Sopyan, seorang profesor hukum keluarga Islam di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah di Jakarta, mengatakan bahwa banyak kota di Indonesia di mana praktik ini telah menjadi populer tidak memiliki prospek ekonomi lainnya. Pandemi memperburuk keadaan.
“Kami melihat sekarang praktik ini semakin meluas,” katanya. “Pariwisata memenuhi kebutuhan ekonomi ini.”
Budi Priana, seorang pengusaha kecil asal Indonesia yang menghabiskan sebagian dari usia 20-an sebagai koki di Arab Saudi, tempat ia belajar bahasa Arab, mengatakan bahwa dia pertama kali mendengar tentang kawin kontrak tiga dekade yang lalu ketika turis-turis Timur Tengah yang dia antar berkeliling meminta bantuannya untuk mencarikan istri sementara.
Dia akhirnya mulai mencari uang tambahan dengan menghubungkan turis dan calon pengantin dengan makelar pernikahan, menambah penghasilannya dari menyetir, menjadi penerjemah, mengelola warnet, dan menjual bakso beku.
Dia mengatakan bahwa agen-agen yang ia kenal telah mengalami peningkatan bisnis dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa di antaranya dapat mengatur 25 pernikahan dalam sebulan.
Budi, 55 tahun, terkadang menerima 10 persen dari mahar untuk jasa menyetir dan penerjemah. Tapi dia bersikeras bahwa dia membantu perempuan mencari pekerjaan, dan melindungi mereka sebaik mungkin.
“Selalu ada gadis-gadis baru yang menghubungi saya untuk kawin kontrak, tapi saya katakan kepada mereka bahwa saya bukan agen,” katanya. “Perekonomian semakin memburuk, dan mereka sangat putus asa untuk mendapatkan pekerjaan.”
Ketika Cahaya mengetahui tentang nikah mutah, ia sudah pernah menikah - pada usia 13 tahun dengan seorang teman sekelasnya di desa. Kakek dan neneknya yang memaksanya untuk melakukannya.
Suaminya menceraikannya setelah empat tahun, meninggalkannya dengan seorang anak perempuan yang masih kecil untuk dibesarkan dan tidak ada dukungan finansial.
Dia mempertimbangkan pekerjaan di pabrik yang membuat sepatu atau bekerja di toko umum, tetapi gajinya terlalu rendah untuk membuatnya layak.
Mendengar kegelisahannya tentang uang, kakak perempuannya bercerita bahwa dia pernah menjadi pengantin kontrak dan memperkenalkannya pada Budi, yang menghubungkan Cahaya dengan seorang calo.(rep)
Ketika Nabi Menegur Orang yang Terbahak-bahak
RADARPEKANBARU.COM - Suatu ketika, Nabi Muhammad SAW melewati kerumunan orang yang sedang bergurau s.
Dengki, Tanda Hati tak Bersih
RADARPEKANBARU.COM - Dengki atau hasad adalah salah satu penyakit rohani. Ciri-ciri utamanya, tidak .
Utang Mengganggu Kenyamanan Pelakunya
RADARPEKANBARU.COM - Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Darussalam (UN?DA) Gontor, Sya.
Hak Waris Perempuan Setengah dari Laki-Laki, Benarkah Islam Bias Gender?
RADARPEKANBARU.COM - Hukum Islam mengatur jika perempuan juga berhak mendapatkan harta warisan. Wa r.
Amalan yang Membantu Seseorang di Alam Kubur
RADARPEKANBARU.COM - Amalan apa saja yang dapat membantu seseorang di alam kubur untuk dapat diampun.
Imam Al Ghazali Ingatkan Agar Menjaga Mata dari Empat Maksiat
RADARPEKANBARU.COM - Alquran dan hadist mengingatkan supaya manusia menjaga seluruh anggota badannya.