Desa Seminai Wakili Siak ke Tingkat Provinsi

Jumat, 21 Maret 2014

Ilustrasi

KERINCI KANAN, RADARPEKANBARU.COM - Desa Seminai Kecamatan Kerinci Kanan dalam rangka Bulan Bakti Gotong-Royong (BBGRM) mewakili Kabupaten Siak untuk tingkat provinsi.

Moto Desa Seminai adalah mengotong-royongkan masyarakat dan memasyarakatkan gotong-royong. Dalam 2013 desa berhasil berswadaya mencapai Rp1,9 milyar yang meliputi di bidang pembangunan.

Ekonomi kerayaktan (UED BUMdes) yang sudah bergulir Rp4 miliar lebih dan dibidang pendidikan, kesehatan, dana siaga, dan ambulan desa dan di bidang lainnya.

"Gotong royong masyarakat Desa Seminai terus kita pupuk. Swadaya masyarakat cukup tinggi, hal ini dibuktikan dengan pembangunan melalui swadaya. Juga ada iuran warga setiap bulan untuk membantu santunan bagi warga yang kena musibah," jelas Kepala Desa Seminai Abdul Salam.

Abdul Salam menambahkan, dalam bidang pendidikan Desa Seminai mempunyai PAUD yang iuaran untuk oprasional belajar dan mengajar dan mempunyai dua pondok pesantren yakni Miftahul Quran SMP IT dan SMK IT berdiri di atas lahan 22.500 M persegi dengan bangunan swadaya mencampai lebih dari Rp800 juta.

Di bidang kamtibmas, Desa Seminai mempunyai 22 pos kamling yang semuanya swadaya dari masyarakat setiap RT. Pada tahun 2012.

Seminai termasuk desa terbaik tingkat nasional dalam lomba desa mewakili Provinsi Riau dan KUD terbaik tingkat nasional yang diberi penghargaan di Kalimatan. Begitu juga pembangunan pelebaran jalan, semenisasi, tempat ibadah masyarakat.

Tentunya keberhasilan ini adalah kesadaran masyarakat yang masih mempunyai jati diri bergotong royong. Ia berharap sifat tersebut tidak akan hilang dan terus terpupuk di tengah masyarakat.

"Kita sangat mengharapkan kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan lagi sifat gotong-royong ke depannya. Dengan adanya gotong-royong dapat mempersatukan masyarakat dengan nilai kekompakan," ujar kades.(rp)