Titik Api Besar Ditemukan di Pangkalan Lesung

Kamis, 20 Maret 2014


PANGKALAN LESUNG, RADARPEKANBARU.COM - Dugaan telah hilangnya titik api di bumi Riau ternyata salah. Buktinya tadi siang hingga sore hari, Rabu (19/3) di Desa Tanjung Kuyo Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan ditemukan titik api yang cukup besar.

Sehingganya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Riau, tadi hingga sore melakukan Water Bombing dilokasi kebakaran hutan di Desa Tanjung Kuyo Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Besarnya titik api membuat pilot helikopter sedikit kewalahan untuk memadamkan api.

"Titik api nya lumayan besar sehingga kurang efektif dilakukan pemadaman dengan satu helikopter, minimal dua heli sehingga bisa saling menutup," ungkap pilot helikopter BNPB Capten Triyanto.

Sementara itu kepala Desa Tanjung Kuyo Sataria mengungkapkan hutan yang terbakar tersebut adalah hutan milik desa Tanjung Kuyo. Hutan tersebut sebelumnya sudah pernah terbakar setahun yang lalu.

"Kalau kebakaran yang sekarang ini sudah tiga hari terjadi, namun hutan tersebut pernah terbakar sekitar satu tahun yang lalu. Penyebabnya tidak bisa kami pastikan apakah dibakar warga atau terbaka," tambah Sataria.

Dari pantauan udara, wartawan bersama pihak BNPB Riau Siang hingga sore tadi masih banyak di temukan titik-titik api di Kabupaten Pelalawan, terutama di kecamatan Pangkalan Lesung dan kecamatan Kurumutan.(adr/rp)