Atlet Cantik Korsel Berpeluang Cetak Sejarah di Olimpiade Sochi

Kamis, 20 Februari 2014

Yu-na

Radarpekanbaru.com - Atlet figure skating Korea Selatan, Kim Yu-na, berpeluang menjadi atlet Asia pertama yang mampu meraih medali emas nomor peorangan dua kali beruntun di Olimpiade Musim Dingin. Atlet 23 tahun itu akan menyamai rekor Sonja Henie dan Katarina Witt.

Pada sesi singles short yang digelar di Iceberg Skating Palace, Sochi, Rusia, Kamis 19 Februari 2014, Yu-na berhasil menjadi yang terbaik dengan 74,92 poin. Yu-na mengungguli atlet 17 tahun asal Rusia, Adelina Sotnikova (74,64), dan wakil Italia, Carolina Kostner (74,12).

Seperti dikutip dari Reuters, Yu-na berpeluang untuk mencetak sejarah pada sesi singles free yang akan digelar malam ini, Kamis 20 Februari 2014. Pemegang rekor poin figure skating putri itu bisa menjadi atlet Asia pertama yang mampu mempertahankan medali emas di Olimpiade Musim Dingin.

Jika mampu meraih medali emas malam nanti, Yu-na akan mengikuti jejak Sonja Henie dari Norwegia (1928, 1932, 1936) dan Katarina Witt dari Jerman Timur (1984 dan 1988).

"Saat pemanasan, saya sangat gugup dan tidak bisa melompat sama sekali. Ketika saya menyelesaikan semua lompatan, rasa gugup saya hilang, jadi saya bisa tersenyum. Pertandingan besok (hari ini) sulit ditebak. Jika saya mampu mempertahankan medali emas, itu bagus. Jika tidak, saya tidak terlalu ambisius," ujar Yu-na.

Sementara itu, Sotnikova berambisi menggagalkan langkah Yu-na merebut medali emas keduanya di Olimpiade Musim Dingin. Keberhasilan Sotnikova menduduki posisi 2 pada sesi singles short cukup mengejutkan. Pasalnya, tim Rusia awalnya mengandalkan Yulia Lipnitskaya yang hanya berada di posisi 5.

"Yang paling penting adalah melihat target Anda, bekerja keras, dan mencapainya. Terus berusaha. Jika menginginkan sesuatu, Anda harus bekerja keras untuk meraihnya," ucap Sotnikova. (viva)