Waspada! 413 Warga Pekanbaru Terjangkit ISPA

Rabu, 12 Februari 2014

Ilustrasi

Pekanbaru, (radarpekanbaru.com) - Bagi masyarakat kota pekanbaru perlu waspadai ISPA. Sebanyak 413 kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) terjadi di kota Pekanbaru sejak awal tahun hingga minggu keenam, 10 Februari 2014. Jumlah ini tersebar di 20 Puskesmas yang ada di Pekanbaru.

Seperti disampaikan oleh Kasi Pengamatan Penyakit, Wabah dan Bencana Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Awidia Roose, Rabu (12/2/2014). "Sebanyak 413 itu laporan hingga 10 Februari lalu," ungkap Awidia.

Adapun ke 20 Puskesmas itu adalah Pukesmas Melur, Puskesmas Langsat, Puskesmas Senapelan, Puskesmas Rumbai, Puskesmas Rawat Inap (RI) Karya Wanita, Puskesmas Umban Sari Puskesmas RI Muara Fajar, Puskesmas Rejosari, Puskesmas RI Tenayan Raya, Puskesmas Harapan Raya, Puskesmas Sail, Puskesmas Limapuluh, Pukesmas Pekanbaru Kota, Puskesmas Payung Sekaki Puskesmas Sidomulyo, Puskesmas RI Sidomulyo, Puskesmas Simpang Baru, Puskesmas RI Simpang Tiga, Puskesmas Garuda dan Puskesmas Rumbai Bukit.

Dari ke 20 Puskesmas tersebut, kasus ISPA terbanyak terjadi di Puskesmas Simpang Baru sebanyak 44 kasus dan kasus ISPA terendah terdapat di Puskesmas Payung Sekaki sebanyak 7 kasus.

''Selain kasus ISPA batuk pilek, ada juga masyarakat yang terkena penyakit Pneumonia, Asma, Iritasi mata dan Iritasi Kulit akibat kabut asap ini,'' tambahnya.

Terakhir, Awidia mengimbau masyarakat agar menggunakan masker jika keluar ruangan. "Kita imbau masyarakat agar menggunakan masker jika keluar rumah. Kita juga sudah menyebarkan masker agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit akibat asap," imbaunya mengakhiri. (lam/hr)