Bayi Dibuang Akhirnya Diasuh Penemunya

Jumat, 17 Januari 2014

Kadisosnaker Serahkan Bayi

Pasir Pangaraian, (radarpekanbaru.com) - Bayi malang yang sengaja dibuang ibunya di Simpang D, Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir Kamis (9/1/2014) lalu, kini akhirnya diasuh oleh orang yang menemukan bayi tersebut.

Bayi laki-laki yang diberi nama Anugerah kini berusia 8 hari, semula sempat dirawat di RSUD Pasir Pangaraian pada Jumat (10/1/2014), untuk memastikan kesehatannya karena merupakan anak negara terlantar.

Dari informasi Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Rohul, Tengku Rafli Armien, kini bayi tersebut diurus sementara oleh orang yang pertama kali menemukannya di teras rumahnya yakni Iskandar (35) dan istrinya Jasrita Ayuliati (34) warga Simpang D, Desa Rambah.

Didampingi Kabid Humas RSUD Pasir Pangaraian Irwan dan Komisioner KPAID Rohul Desy Handayani SH, Kadisosnakertrans Rohul menyatakan, Iskandar dan istrinya, bersedia menjadi orang tua angkat sang bayi sementara waktu sampai menunggu kepolisian mengungkap siapa orang tua bayi sebenarnya.

''Karena untuk proses adopsi anak, harus melalui proses di Pengadilan Negeri (PN) dulu. Kami juga masih menunggu proses penyelidikan yang dilakukan kepolisian terhadap orang tua yang tega membuangnya,'' ucap Tengku Rafli, saat menyerahkan bayi Anugrah ke orang tua angkatnya,di RSUD Pasir Pangaraian, Kamis (16/1/14) sore kemarin.

Menurut Kadisosnaker yang juga Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kabupaten Rohul, jika polisi berhasil mengungkap siapa sebenarnya orang tua bayi dan melalui proses pidana di PN, maka bayi akan diserahkan kepada orang tuanya.

''Kita rutin memantau kesehatan bayi tersebut, karena secara hukum status bayi ini masih anak negara. Karena itu, bersama KPAID kami mengambilnya dulu karena ini menjadi tanggung jawab negara,'' ujarnya. (hrc)

Editor : Alamsah