Lagi, Google Akuisisi Perusahaan Teknologi

Rabu, 15 Januari 2014


San Fransisco, (radarpekanbaru.com) - Raksasa teknologi Amerika Serikat, Google mengumumkan rencananya untuk membeli perusahaan pembuat termostat atau alat pengatur suhu otomatis, Nest Labs. Kabarnya, akuisisi Nest Labs itu bernilai USD 3,2 miliar.

Google mengatakan, kesepakatan pembelian Nest Labs akan selesai dalam beberapa bulan ke depan. Nest Labs yang berbasis di California, AS merupakan perusahaan yang didirikan oleh dua mantan eksekutif Apple. Mereka memproduksi termostat yang mampu membaca perilaku pengguna serta mendeteksi apakah gedung sedang dihuni atau tidak dengan menggunakan sensor suhu, kelembaban, aktivitas dan cahaya.

Google dalam sebuah pernyataannya mengungkapkan, Nest Labs akan tetap dipimpin Tony Fadell yang saat ini menjabat sebagai chief executive. Nest Labs juga akan tetap mempertahankan identitas istimewanya.

"Pendiri Nest, Tony Fadell dan Matt Rogers, telah membuat tim yang hebat sekali sehingga kami bersemangat untuk menyambut mereka menjadi keluarga Google," kata CEO Google, Larry Page seperti dilansir BBC, Selasa (14/1).

Tony Fadell ketika bekerja di Apple sempat dikenal dengan julukan "Bapak iPod" karena merancang pemutar musik Apple pertama dan juga terlibat dalam desain piranti keras iPhone pertama. "Google selalu tertarik dengan apa yang Nest lakukan karena mereka berfikir kami memiliki ide gila, dan mereka suka ide gila," kata Fadell.

Bulan lalu, Google juga melakukan akuisisi terhadap produsen robot militer, Boston Dynamics. Sementara pada Oktober 2013 silam, Google mengakuisisi  perusahaan teknologi pembaca gerakan manusia, Flutter. (lam/rp)