Indonesia Tertinggal 0-2 dari Irak

Selasa, 19 November 2013

indonesia

JAKARTA, (RadarPekanbaru.com) - Tim nasional Indonesia untuk sementara tertinggal 0-2 dari Irak sampai akhir babak pertama matchday kelima kualifikasi Grup C Piala Asia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (19/11/2013).


Meskipun telah gagal lolos ke Piala Asia, Pelatih Jacksen F Tiago menurunkan skuad terbaiknya demi meraih kemenangan pertama pada pertandingan ini. Pelatih asal Brasil tersebut menurunkan trio Zulham Zamrun, Boaz Solossa, dan Samsul Arif sebagai senjata membongkar pertahanan tim tamu.

Boaz Solossa dan kawan-kawan mampu memberi tekanan bagi Irak melalui sektor sayap dalam 15 menit pertama. Namun, lini pertahanan tim besutan Hakeem Al-Azzawi cukup disiplin menggagalkan serangan Indonesia. Begitu juga dengan pertahanan Indonesia yang digalang Muhammad Roby dan kawan-kawan cukup cermat meredam serangan tim tamu.

Namun, terus mendapatkan tekanan, Indonesia akhirnya kebobolan lewat tandukan Hammadi Ahmed Abdullah pada menit ke-27. Dari sisi kanan pertahanan Indonesia, Ali Adnan Kadhim dalam posisi bebas melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Hammadi Ahmed Abdullah menyambut umpan tersebut dengan melepaskan tandukan yang gagal diantisipasi kiper I Made Wirawan.

Indonesia semakin terpuruk. Wasit Ravshan Irmatov pada menit ke-30 menunjuk titik putih setelah M Robby melanggar salah satu pemain lawan di kotak terlarang. Kerrar Jasim yang maju sebagai algojo sukses menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang Indonesia.

Tertinggal 0-2, Jacksen memasukkan Titus Bonai untuk menggantikan Zulham. Pemain Semen Padang tersebut diharapkan bisa menambah daya gedor tim Merah Putih. Sebuah peluang emas berhasil tercipta dari kerjsama Samsul dan Boaz.

Sayang, tembakan yang dilepaskan Boaz masih gagal mengenai sasaran. Itu menjadi peluang terakhir Indonesia dan mereka dipaksa tertinggal 0-2 pada babak pertama.  

Susunan Pemain

Indonesia: 12-I Made Wirawan, 3-Beny Wahyudi (Supardi 35), 5-Fachruddin, 8-Raphael Maitimo, 13-Ahmad Juprianto, 16-Muhamad Roby, 7-Boaz Solossa, 11-Taufik, 14-Ruben Sanadi, 9-Samsul Arif Munif, 4-Zulham Malik Zamrun (Titus Bonai 45)

Pelatih: Jacksen F Tiago

Irak: 12-Mohammed Hameed Farhan, 2-Mohammed Jabbar Arebat, 6-Ali Adnan Kadhim, 8-Saif Salman Hashim, 14-Salam Shakir, 15-Ali Erhaima, 11-Humam Tareq Faraj, 17-Ala'a Abdulzehra, 7-Hammadi Ahmed Abdullah, 13-Kerrar Jasim, 16-Mohanad Karrar
Pelatih: Hakeem Shakir Al-Azzawi


Sumber : kompas.com

Editor : Alamsah