Setelah Dilantik, Panwascam Siak Hulu Segera Rekrut Satu PPL Per Desa

Jumat, 26 Agustus 2016

Suasana Menjelang Pelantikan Panwascam di Bangkinang

RADARPEKANBARU.COM - Tugas pengorganisasian menanti Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) setelah resmi dilantik, Kamis (25/8/2016). Selain penetapan Ketua dan pemantapan sekretariat, Panwascam harus merekrut pengawas tingkat desa/kelurahan atau Panitia Pengawas Lapangan (PPL).

Ketua Panwas Kampar Martunus Rahmat mengemukakan, sesuai arahan Bawaslu Riau, perekrutan PPL akan dimulai pada awal September 2016 nanti. Dikatakan, teknis perekrutannya diatur oleh Panwascam itu sendiri di kecamatan masing-masing. "Tapi SK (pengangkatan)tetap yang bikin kita Panwas," ujarnya.

Martunus menuturkan, pada Pilkada Serentak 2017 ini, tiap desa/kelurahan hanya dibutuhkan satu orang PPL. Berbeda dengan Pemilu sebelumnya yang membutuhkan tiga PPL per desa/kelurahan.
"Makanya yang kita butuhkan 250 orang anggota PPL," imbuh Martunus. Dijelaskan, Panwascam tinggal memilih satu nama calon anggota PPL. Kemudian mengusulkannya ke Panwas.

"Biasanya nggak ada pakai tes. Panwascam cukup menunjuk satu orang per PPL," jelas Martunus. Ditambahkan, Panwascam harus memilih satu orang yang dianggap mampu melaksanakan tugas pengawasan dan memiliki integritas.

Hal senada disampaikan Alamsah,SH ketua Panwascam di Kecamatan Siakhulu, menurutnya tugas Panwascam sebagai perpanjangan tangan Panwas Kabupaten Kampar segera akan menindaklanjuti intruksi pembentukan PPL di tinggat Desa.

"Sejalan dengan instruksi Panwas Kabupaten, secepatnya akan diadakan penunjukan petugas di setiap Desa" tutur Alamsah,SH. (radarpku)