Pemko Jalin Koneksi Jalan dengan Pemprov Riau

Rabu, 08 Januari 2014

Kantor Walikota Pekanbaru

Pekanbaru, (radarpekanbaru.com) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mulai menyusun koneksi jalan di Pekanbaru. Namun tidak sendiri, Pemko juga membangun jalan ini dengan shering bersama Pemprov Riau.

Salah satu akses jalan penghubung yang sudah dibangun adalah jalan gunung salak sepanjang 11,5 Km yang menghubungkan Jalan Sudirman dengan Jalan Lintas Pekanbaru Pelalawan.

Jalan tersebut diklaim mampu memotong jarak dan waktu akses. Masih banyak lagi jalan yang akan dibangun guna membangun jaringan jalan di Kota Pekanbaru.

"Kita fokus untuk membangun jaringan jalan sebaik mungkin. Banyak jalur yang seharusnya bisa ditempuh dalam waktu singkat harus terbuang karena memutar. Untuk itu kita siapkan jalan lintas untuk memotong itu semua. Seperti jalan gunung salak ini," terang Walikota Pekanbaru, H Firdaus ST MT kepada wartawan Selasa (7/1) di Tenayan Raya Pekanbaru saat meninjau kawasan sirkuit motor cros.

Dari pantauan wartawan yang mengikuti rombongan walikota, memang terdapat jalan baru yang sudah dibangun di Pekanbaru.

Jalan Gunung Salak yang masuk melalui jalan Parit Indah sudah teraspal dengan baik lengkap dengan drainase. Berdasarkan informasi dari Kepala Dinas PU demisioner Azmi MT, jalan tersebut dibangun memang secara bertahap.

Jalan ini dinilai mampu memotong waktu hingga 30 menit menuju perbatasan Pekanbaru - Pelalawan. Dia juga menjelaskan, masih ada beberapa jalan akses yang akan dibangun untuk membangun jaringan jalan yang diperlukan untuk perkembangan kota Pekanbaru.

"Akan ada bangunan jalan yang akan disiapkan. Masih kita kaji dan dengan pembangunan jalan ini akses kita bisa terhubung semuanya,"terangnya.(adv)