Ribuan Masyarakat Pekanbaru Sholat Idul Fitri di Masjid Raya Annur Provinsi Riau

Rabu, 06 Juli 2016

Ribuan lautan jamaah meluber hingga ke badan Jalan Hangtuah Pekanbaru untuk melaksanakan sholat Idul Fitri 1437 H di Masjid Raya Annur (Foto : FB Eko Sutrisno)

RADARPEKANBARU.COM- Ribuan lautan jamaah meluber hingga ke badan Jalan Hangtuah Pekanbaru untuk melaksanakan sholat Idul Fitri 1437 H di Masjid Raya Annur Provinsi Riau, Rabu (6/7/2016). Semangat Idul Fitri terasa sejak pagi sekitar pukul 06. 00 WIB saat dikumandangkan gema takbir.

Tampak hadir dalam Salat Id, Guberbur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman dan mantan Wagubri H. Mambang Mit, para kepala dinas, kepala badan dan pejabat lainnya yang membaur bersama puluhan ribu jamaah lainnya. Cuaca yang bersahabat membuat suasana salat sangat khitmad.

Ketua Badan Kesejahteraan Masjid Raya Annur Provinsi Riau Dr. Feizal Qomar Karim mengatakan, kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri di masjid kebanggaan masyarakat Riau pada tahun ini berlangsung sejak memasuki awal bulan.

"Selama Ramadhan, berbagai kegiatan sudah kami laksanakan diantaranya Ramadhan Fair, Nuzul Quran, lomba-lomba dan kegiatan rangkaian sholat tarawih dan sholat sunat lainnya," kata Feizal Qomar.

Ia menyebutkan, untuk kegiatan spesial, pihak masjid juga sudah mendatang imam berkualitas untuk memimpin sholat sunat Tarawih dari Arab Saudi dan Mesir. Pelaksanaan Ramadhan juga tak mengalami kendala.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri 1437 H tahun ini, bertindak selaku khatib Dr. H. Mustafa Umar LC yang mengulas tentang cinta masyarakat kepada Islam. Sekitar pukul 07.30 WIB, Salat Id dimulai.

Khatib Mustafa Umar dalam khutbahnya mengungkapkan, Idul Fitri adalah sebuah jalan kemenangan dari perang besar yang dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia, yakni perang melawan hawa nafsu.

Sebab, setelah melakukan puasa selama sebulan, umat Islam merayakan Idul Fitri diharapkan sampai pada titik kesucian. Hanya orang-orang yang berhasil melawan hawa nafsunya dengan berpuasalah layak menikmati Idul Fitri.

"Semoga, dengan melakukan puasa Ramadan, saat merayakan Idul Fitri hati  kita benar-benar fitrah," katanya. (grc)