Horee,,Ketua PJI Riau Rinal Sagita Terpilih Secara Aklamasi

Sabtu, 04 Januari 2014


Pekanbaru, (radarpekanbaru.com) - Terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Pengurus Daerah (Pengda) Riau periode 2014-2019. Rinal Sagita, Koordinator Liputan Harian Tribun Pekanbaru, berjanji akan meningkatkan profesionalisme wartawan yang bergabung dalam PJI Riau.


Rinal terpilih pada Konferensi Daerah PJI Riau ketiga yang diselenggarakan di Hotel Tjokro, Pekanbaru, Sabtu (4/1/2014). Ia terpilih meski sebelumnya ada tujuh kandidat ketua yaitu Bagus Himawan (wartawan Media Indonesia), Ahmad Dison (wartawan Indosiar), Beni Andrios (pemimpin redaksi riauaksi.com), Arifin Ginting (wartawan televisi One), Luzi Diamanda (pemimpin redaksi Harian Berita Terkini) serta Parlindungan (redaktur pelaksana riaubisnis.com).


Sementara itu Bagus Himawan terpilih sebagai sekretaris dan Linda sebagai Bendahara. Hadir pada acara konferda tersebut Ketua Umum PJI Pusat Imam Prihardiyoko dan Mantan Ketua PJI Riau periode sebelumnya Toni Hidayat.


''Ke depan kita berharap bisa memberdayakan wartawan sesuai moralitas, profesionalitas dan integritasnya sebagai wartawan. Saya melihat soliditas rekan-rekan sangat berpotensi luar biasa memajukan organisasi ini,'' kata Rinal usai terpilih sebagai ketua.


Rinal mengatakan secara keanggotaan, PJI Riau diisi wartawan dari lintas media yang menjadi kekuatan PJI menjadi organisasi yang kuat. Baik dengan menambah anggota maupun peningkatan kualitas anggota.


''Tidak perlu banyak anggota hanya secara kuantitaf saja. Tapi jika ada yang merasa organisasi ini bisa membuatnya bisa meningkatkan kualitas dirinya, maka kami terima. Yang penting PJI adalah wartawan aktif menghasilkan karya-karya jurnalistik,'' jelas Rinal.


Sementara itu, mantan Ketua PJI Riau, Toni Hidayat mengharapkan kegiatan-kegiatan PJI Riau yang selama ini telah dilaksanakan agar bisa diteruskan oleh ketua baru. Selama ini PJI Riau sudah memberikan pelatihan kepada siswa-siswa tentang bagaimana membuat sebuah berita dan bagaimana menjadi wartawan.


PJI sudah banyak melibatkan diri dalam memberikan pemahaman tentang sebuah berita yang baik dan pemahaman tentang dunia jurnalistik kepada pelajar-pelajar di Riau. ''Saya berharap ketua baru bisa lebih banyak membuat kegiatan dan pelatihan yang bersifat edukasi kepada masyarakat serta bisa mengembangkan organisasi profesi ini kedepannya,'' harap Toni Hidayat.


Toni juga mengatakan saat ini PJI sudah dikenal diseluruh Kabupaten di Riau dan bahkan ada rencana untuk membuat PJI daerah. ''Ada wartawan-wartawan di daerah seperti di Kabupaten Rohil, Siak dan Bengkalis yang ingin membentuk PJI didaerah tapi belum dikukuhkan, saya berharap ini menjadi agenda yang bisa direalisasikan kedepannya,'' kata Toni.


Sementara itu, Ketua PJI Pusat Imam Prihardiyoko mengatakan PJI sebagai organisasi diseluruh Indonesia sudah memiliki kepengurusan di pusat dan 13 Provinsi. Saat ini sudah 576 wartawan diseluruh Indonesia yang bergabung dengan PJI.


''Sebagai organisasi profesi yang sah, PJI Riau diharapkan bisa memajukan wartawan-wartawan di daerah. Jadi saya berharap ketua PJI Riau yang baru bisa memperbanyak anggota dan membuat anggota enjoy dengan organisasi ini,'' harapnya. (ram/grc)