Hendri Dunan Jangan Hanya Pandai Berjanji Beri Bantuan Lahan Sawah yang Rusak Akibat Banjir

Ahad, 20 Maret 2016

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikutura, Hendri Dunan (Tengah)

RADARPEKANBARU.COM - Bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu ternyata telah merusak ribuan hektar sawah milik masyarakat di Kabupaten Kampar.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikutura, Hendri Dunan, saat ditemui diruanganngya beberapa waktu lalu membenarkan kejadian tersebut dan berjanji akan memberikan bantuan.

"Banjir ini telah merusak sawah masyarakat seluas 1423 hektar, dan itu dinyatakan busuk," ungkapnya.

"Bapak Bupati Kampar, telah menginstruksikan kita untuk mengajukan bantuan atau sagu hati untuk di alokasikan lahan yang membusuk akibat banjir," tambah Hendry Dunan.

Disebutkannya, bantuan itu bisa berupa benih dalam bentuk Program Cadangan Benih Nasional (CBN), jenis padinya IR43.

"Tetapi belum tersalurkan ini masih kita koordinasikan dan kita pelajari dengan pemerintah pusat," imbuhnya.

Ditanya mengenai anggaran yang tersalurkan, Dunan menyebutkan bahwa tahun 2016 Pemkab Kampar telah menerima sejumlah bantuan dari pemerintah pusat.

"Kita tahun ini banyak mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Dana dari pemerintah untuk tanaman pangan Rp 6 Milyar, untuk holtikultura mencapai 3,1 Milyar rupiah, di tambah lagi dana dari PSP sebanyak 2 Miliar rupiah, bantuan ini dalam bentuk Daftar Isian Pengguna Anggaran (DIPA) disini kita akan mengelolah keungan pusat," pungkas Hendry Dunan. (SK)