24 Jam Setelah Diunggah, Video Imej Tubuh Ini Telah Ditonton Puluhan Juta Kali

Jumat, 11 Maret 2016

Foto Jody Steel

RADARPEKANBARU.COM-Sebuah video yang menampilkan karya seni tentang body image atau imej tubuh ini menjadi begitu populer setelah diunggah ke media sosial. Hanya dalam waktu 24 jam, video tersebut ditonton lebih dari 40 juta kali. Seperti apa?

Video tersebut dibuat oleh seniman Jody Steel dan diunggah ke akun Facebook miliknya pada 8 Maret 2016 kemarin. Setelah dalam 24 jam, video tersebut sukses menyedot perhatian 40 juta pengguna internet, hingga kini video itu sudah ditonton lebih dari 72 juta kali.

Video berjudul Body Image itu menampilkan perut sang seniman. Jody melukis sendiri perutnya. Dia membuat gambar tali di bagian tengah perutnya. Dan di sisi kiri dan kanan perut dicat menjadi warna hitam.

Karya Jody tampak begitu nyata sehingga perutnya terlihat seperti benar-benar terikat. Setelah selesai dilukis, dia pun menggerak-gerakkan perutnya itu sehingga tampak seperti perut yang membesar dan mengecil, namun terikat tali.

Ikatan di perut itu dibuat Jody sebagai simbol dari betapa banyaknya pria dan wanita selama ini berusaha melakukan apapun demi mendapatkan tubuh sempurna. Mereka rela 'mengikat' perut agar mendapatkan bentuk tubuh yang dianggap ideal oleh masyarakat.

Setelah mengunggah video tersebut, di bagian komentar video ini Jody menuliskan bahwa karya seni itu dibuatnya agar penonton stop memiliki ekpestasi pada bentuk tubuh yang tidak realistis. Dia berharap videonya bisa membuat orang sadar pentingnya memiliki imej tubuh positif tanpa mempedulikan omongan orang lain.

"Saat aku sadar bahwa aku tidak memiliki bentuk tubuh seperti botol soda atau kaki yang panjang dan kurus, aku mulai berusaha melepaskan tekanan yang aku rasakan untuk memenuhi imej tubuh ideal yang sudah dibentuk oleh masyarakat. Jadi lepaskan dan berusahalah untuk menikmati apa yang kamu cintai dalam hidupmu. Kamu bisa menjadi orang yang sehat dan bahagia," begitu kata Jody.

Video karya Jody ditonton puluhan juta kali karena orang-orang merasa apa yang ditampilkan di video tersebut juga mereka rasakan. "Aku pernah mengalami ini dan memang menyedihkan melihat banyaknya orang di dunia memiliki isu terhadap bentuk tubuh" tulis salah seorang penonton video di halaman komentar Facebook Jody. (dtc)