Demo di Polda Riau dan Kejati, Menurut Mahasiswa Walikota Terlibat Korupsi Pemebebasan Lahan Tenayan

Kamis, 18 Februari 2016

Puluhan orang dari organisasi Himpunan Muda Indonesia Perjuangan (HMIP) melakukan unjuk rasa di Polda Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau, Kamis (18/02/16).

RADARPEKANBARU.COM-Ditenggarai telah terjadi sejumlah tindak korupsi di lingkungan Pemko Pekanbaru. Aktifis HMIP berdemo, mendesak aparat hukum mengusutnya.

Puluhan orang dari organisasi Himpunan Muda Indonesia Perjuangan (HMIP) melakukan unjuk rasa di Polda Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau, Kamis (18/02/16).

Adapun tujuan unjuk rasa HMIP yaitu mendesak Polda Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau agar segera menangani kasus dugaan korupsi pembebasan lahan untuk kantor walikota Pekanbaru di wilayah Tenayan Raya sebesar Rp 23 miliar.

Meldi Saputra kordinator aksi menjelaskan, berdasarkan temuan BPK RI tanggal 9 Juni 2014 atas Laporan Keuangan Daerah Kota Pekanbaru tahun anggaran 2013 silam, disebutkan Pemko Pekanbaru telah mengucurkan dana terkait pembebasan lahan untuk kantor walikota Pekanbaru sebesar Rp 26 miliar.

Namun pengakuan Pemko dana yang dikucurkan untuk pembebasan lahan lokasi baru perkantoran walikota Pekanbaru sebesar Rp 50 miliar.

"Dalam kasus pembebasan lahan perkantoran walikota Pekanbaru, Firdaus MT diduga telah melakukan penggelembungan anggaran yang cukup besar. Dari hasil laporan BPK RI yang dipakai hanya 26 miliaran, namun pengakuan Pemko sebesar 50 miliar jadi kami menduga terjadi dugaan korupsi Firdaus, MT sebesar 23 miliyar lebih" ungkap Meldi Saputra pada sejumlah wartawan di sela-sela aksi.

HMIP juga menyesalkan mereka menilai kasus dugaan korupsi di Pemko Pekanbaru tersebut bernilai fantastis dan sudah berlangsung lama tetapi kenapa belum diproses secara hukum.

“Sangat janggal dan sangat disesalkan mengapa kasus dugaan korupsi yang sudah lama terjadi tidak terendus oleh penegak hukum” Pungkas Broery saat dikonfirmasi.

Di Polda Riau pengunjuk rasa disambut baik oleh Kasi negoisator Polda Riau M. Siahaan. Polda Riau melalui M. Siahaan mengucapkan terimakasih kepada pengunjuk rasa karena mendapatkan informasi penting dari penyampaian aspirasi pengunjuk rasa.

“Saya mengucapkan terimakasih karena berkat unjuk rasa adek – adek kami mendapatkan informasi penting, laporan adek – adek saya terima dan akan saya sampaikan ke Bapak Kapolda dan bagian Reskrimsus Polda Riau”. Ujar Siahaan dihadapan pengunjuk rasa.(radarpku)