Irwan-Said Hasyim Dilantik, Pj Bupati Meranti Tak Terlihat

Kamis, 11 Februari 2016

Penjabat Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Edy Kusdarwanto MM

RADARPEKANBARU.COM-Penjabat Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Edy Kusdarwanto MM, mengaku bahwa Ia ada agenda keluar daerah pada tanggal 17 Februari 2016. Pada hari yang sama, dijadwalkan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 di Kepulauan Meranti.

"Saya ada agenda tanggal 17 Februari," kata Edy yang saat itu mengatakan bahwa agenda tersebut bukan di Riau, melainkan provinsi lain.

Adapun agenda Edy diluar adalah mensosialisasi tentang solusi terkait permasalahan terhadap kebutuhan air untuk masyarakat. Alat yang akan diterapkan tersebut bernama The EcoloBlue Atmospheric Water Generator (AWG) yakni alat yang bisa menghasilkan air embun AWG bisa menghasilkan air bersih hingga 30 sampai 100 liter setiap hari dengan kondisi udara sekitar lingkungan tersebut lembab.

"Saya sudah ada orang di sana," ujarnya ketika ditanya apakah Ia tidak ingin menghadiri pelanikan H Irwan - Said Hasyim.

AWG ini sebelumnya sudah diperkenalkan ke masyarakat Kepulauan Meranti. Sebab, kata Edy, di Meranti masih sering ditemukan masalah air bersih.

Kata Edy, Ia sudah berkonsultasi ke Dirjen Sumber Daya Air di Kementerian Pekerjaan Umum untuk mengatasi permasalahan air yang dihadapi masyarakat Meranti. Untuk itu tahun 2016 mendatang alat tersebut sudah bisa di terapkan dan bisa dilanjutkan pengembangannya oleh bupati terpilih.

"AWG ini sangat cocok diterapkan di Meranti, mengubah air laut menjadi air tawar sudah gagal dilakukan, akibat kadar garam sangat tinggi. Sedangkan sumur bor sudah tidak bisa diperbanyak karena tanah yang bergambut dan intrusi air laut," ujarnya lagi.

"Tugas saya sampai ada bupati terpilih, dan itu sudah kita dapati," ujar Edy sambil mengatakan tidak masalah Ia tidak hadir nantinya, karena yang dilantik itu H Irwan bukan dirinya.

Sebelumnya, saat pelantikan Edy menjadi Pj Bupati Kepulauan Meranti, H Irwan terlihat hadir. (grc)