Jumlah Penduduk Kecamatan Mandau Membludak Signifikan, Hampir 300 Ribu Jiwa

Selasa, 26 Januari 2016

Data sementara yang dimiliki Discapil saat ini perkembangan jumlah penduduk terbesar terdapat di Kecamatan Mandau.

RADARPEKANABARU.COM- Jumlah penduduk Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau hingga Desember 2015 meningkat signifikan dari kecamatan-kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Bengkalis.
      
Kepala Bidang Evaluasi dan Penyuluhan Dinas Catatan Sipil (Discapil)  Kabupaten Bengkalis Bayu Ambirikson menyebutkan, data sementara yang dimiliki Discapil saat ini perkembangan jumlah penduduk terbesar terdapat di Kecamatan Mandau.
     
"Perkembangan terbesar memang terjadi di Kecamatan Mandau yang jumlah penduduknya sampai akhir tahun 2015 lalu mecapai 281.827 jiwa," kata Bayu Ambirikson, Senin.
     
Ia mengatakan, perkembangan jumlah penduduk di Mandau terus mengalami peningkatan setiap bulannya, yang kedua terdapat di kecamatan Pinggir, sementara perkembangan penduduk yang kecil di kecamatan Rupat Utara.
     
“Ini disebabkan karena wilayah tersebut merupakan kawasan industri sehingga banyak pendatang dari luar daerah berdatangan bekerja disana sehingga meningkat,” katanya.
     
Menurut dia secara gambaran umum jumlah penduduk di Kabupaten Bengkalis mengalami peningkatan yang sangat signifikan bila di bandingkan dengan tahun sebelumnya, secara keseluruhan hingga Desember 2015 jumlah penduduk di daerah itu mencapai 651.139 jiwa.
     
"Memang secara umum mengalami peningakatan dari tahun sebelumnya, akan tetapi kita belum bisa publikasikan saat ini berapa persen jumlah peningkatannya, karena masih dalam proses membuat database kependudukan untuk tahun 2015," ujarnya.
     
Ia menjelaskan, hasil database tersebut akan dipublikasikan pada bulan Februari 2016  mendatang setelah proses database selesai. Hal ini dikarenakan Discapil sedang mengumpulkan seluruh data yang ada di tingkat kecamatan.(Ant)