Salah Satu Manfaat Hujan Deras Saat Malam Pergantian Tahun

Jumat, 01 Januari 2016

RADARPEKANBARU.COM-Berbeda dari tahun sebelumnya, dimana ambulans seliweran mengangkut korban kecelakaan yang didominasi pengendara yang merayakan malam pergantian tahun. Namun tadi malam, hal itu tidak terjadi di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Salah satu penyebabnya adalah hujan, yang secara tidak langsung membuat animo masyarakat untuk konvoi merayakan tahun baru berkurang drastis. Sebagian warga lebih memilih menghabiskan malam di rumah dan berkumpul bersama keluarga. Bahkan jumlah kendaraan malam tadi juga tidak sebanyak tahun sebelumnya, khususnya roda dua.

Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru mengklaim bahwa saat pergantian tahun, Jumat (1/1/2016) dinihari tadi, angka kasus kecelakaan nihil alias tidak ada, lantaran hampir seluruh kawasan kota diguyur oleh hujan lebat. Bahkan hujan ini terus berlangsung sampai Jumat siang

"Volume kendaraan khususnya roda dua tidak sepadat tahun sebelumnya. Mungkin disebabkan karena hujan deras, jadi pemotor mengurungkan niat berkeliling kota. Jadi semalam lebih didominasi roda empat," kata Kasatlantas Polresta Pekanbaru, Kompol Zulanda, Jumat siang.

Selain faktor alam (hujan,red), sepinya perayaan tahun baru kali ini juga diperkirakan karena berbarengan dengan akhir pekan, dimana banyak warga Pekanbaru yang memilih untuk menghabiskan waktu ke luar kota untuk liburan. "Jadi banyak yang ke luar kota atau ke kampung halaman" sebutnya.

Walau dibeberapa titik lokasi perayaan, seperti kawasan Purna MTQ terlihat arus kendaraan cukup padat, namun tidak berlangsung lama, dan itupun lebih didominasi kendaraan roda empat. "Jadi alhamdulillah semalam data kecelakaan memang nihil" tutur Kompol Zulanda. (*)