Riau Terserang Bencana Asap, Uda Roni Anggota DPRD Pekanbaru Minta Evakuasi Dunsanak ke Sumbar

Senin, 14 September 2015

Bencana Asap Riau

RADARPEKANBARU.COM- Mengingat semakin memburuknya udara di Kota Pekanbaru membuat daerah itu dianggap dtidak layak huni lagi, anggota DPRD pekanbaru minta agar sementara masyarakat segera dievakuasi kekampung halaman.

"Asap luar biasa sekali, 2000 masyarakat Pekanbaru mendapatkan dampak kesehatan seperti ISPA. Maka harus segera dilakukan tindakan, seperti melakukan evakuasi," ungkap Anggota DPRD Kota Pekanbaru Roni Amriel SH, Senin (14/9/2015).

Dikatakan Politisi Partai Golkar ini, kampung halaman adalah tempat yang pas untuk evakuasi sementara ,yakni di Provinsi Sumatera Barat karena jaraknya juga dekat.

"Untuk anggarannya bisa diambil dari APBD Pekanbaru atau mungkin Riau juga APBN. Karena asap ini sudah luar biasa, mengganggu kesehatan masyarakat," ujar Uda Roni lagi.

Masyarakat yang riskan terhadap dampak kabut asap, kata Roni yakni anak-anak, ibu hamil dan menyusui, orang tua dan lainnya. Karena masyarakat ada sebagian yang memang tidak mampu menahan bahayanya pengaruh kabut asap tersebut.

"Segera cari solusi, karena dampak kabut asap ini sudah sangat merugikan kita. Ini sudah pekan ketiga anak-anak tidak sekolah, kesehatan kita terganggu," ulasnya.

Kepada Pemko Pekanbaru Roni juga menyarankan agar meliburkan semua kegiatan luar rumah. "Karena cuaca sudah sangat buruk dan membahayakan," pungkasnya.

(Radarpku/Datariau)