5 Ide Kreatif yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Dapur

Ahad, 23 Agustus 2015

Dok. Thinkstock

 Jakarta - Semua orangtua tentu tidak ingin melihat anaknya terluka. Oleh sebab itu, tak heran bila mereka menjauhkan si kecil dari area dapur karena takut terkena pisau atau kompor yang bisa menyakiti anak. Namun anak tetap perlu diperkenalkan pada area dapur terutama bila buah hati Anda perempuan.

Berikut lima aktivitas menyenangkan serta berbentuk edukasi yang bisa dilakukan bersama anak di dapur tanpa khawatir ia terluka seperti dikutip dari She Knows.

1. Pengenalan Bahan Masak
Tak ada salahnya sesekali mengenalkan anak yang sudah beranjak remaja dengan bumbu dapur serta bahan-bahan masak lainnya. Ini juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan antara orangtua dan anak.

Ajak pasangan untuk mengenalkan buah hati tercinta pada bumbu dapur, kacang, gula, cokelat chip, biji jagung, dan beberapa bahan masakan lainnya. Beritahukan pula bagaimana cara meletakkan tepung dan memasak beras agar menjadi nasi. Tidak lupa mengajari si kecil untuk menghitung, misalnya saja membuatkan teh satu teko maka butuh berapa sendok makan gula yang harus dimasukkan. Ajarkan secara perlahan hingga anak mengerti.


2. Buatlah Kerajinan Tangan
Kerajinan tangan yang dimaksud di sini bukan dari kertas namun yang bisa dimakan. Anda bisa mengajak si kecil bermain dengan sereal atau bumbu masak yang berbentuk O untuk merakitnya menjadi kalung.

Baca juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram

Sediakan tali panjang yang tidak tajam lalu rakit bahan-bahan yang biasa dibuat masak tersebut untuk menjadi aksesori. Kegiatan kreatif akan membuat si kecil merasa senang terutama anak perempuan.


3. Buat Cap dari Adonan Kue
Apalagi kegiatan kreatif lainnya yang bisa dilakukan dengan bumbu masak dan cocok buat anak-anak? Coba ajarkan anak membuat cap dari adonan kue. Anda bisa mengajarkannya dengan membuat adonan kue terlebih dahulu menggunakan terigu, gula, dan air. Setelah kental baru berikan kepada anak-anak. Minta si kecil untuk mencetaknya sesuai dengan imajinasi mereka. Cara ini bisa melatih kemampuan anak untuk berpikir lebih kreatif.

4. Bermain dengan Gelas
Ajak anak bermain dengan gelas untuk membuat irama lagu. Sebagai contoh, ambil beberapa gelas lalu isi air dengan tingkatan yang berbeda-beda. Kemudian minta anak mengetuk perlahan gelas tersebut untuk menciptakan irama yang berbeda-beda. Bila hal ini terlalu sulit, Anda bisa bermain dengan gelas yang dipindah-pindahkan untuk membuat irama lagu.


(aln/aln/dtk)