Miliki Nilai di Atas Rata-rata, Pemko Optimis Kota Pekanbaru Kembali Raih Adipura

Kamis, 30 Juli 2015

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pekanbaru Zulfikri

RADARPEKANBARU.COm - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru optimis meraih penghargaan Adipura kategori kota besar terbersih di Indonesia tahun 2014-2015. Pasalnya berdasarkan dua kali penilaian oleh tim dari pusat kota Pekanbaru memiliki nilai di atas rata-rata.

"Karena di P2 (penilaian tahap dua), nilai Pekanbaru sudah di atas ketentuan, 72 lebih ini sangat besar peluang kita meraih Adipura tahun ini," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pekanbaru Zulfikri, Rabu (30/7) kemarin.

Tahun ini, sebutnya, penghargaan Adipura yang biasanya diserahkan Pemerintah Pusat setiap Juni, diundur bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang.

"Informasi dari kementerian seperti itu (diundur, red), sesuai permintaan presiden," jelasnya.

Jelang penyerahan nanti, sebutnya, beberapa pekan ke depan tim penilai dari pusat akan melakukan verifikasi hasil penilaian tahap dua terlebih dahulu.

"Jika hasil verifikasi nanti tak sesuai dengan nilai pada tahap dua, maka otomastis kita gagal meraih Adipura. Jadi inilah yang harus dipertahankan agar kebersihan kota tetap terjaga," ujarnya.

"Yang penting, kita tak boleh lengah meskipun nilai sudah di atas standar. Jika dalam verifikasi nanti sampah ditemukan menumpuk, otomatis Pekanbaru gagal," ulasnya.‎(ram)