Jalur Mudik 2015,Jalan Riau-Sumatera Utara Banyak yang Rusak Parah

Selasa, 23 Juni 2015

RADARPEKANBARU.COM-Jalur mudik dari Pekanbaru via Rokan Hulu (Rohul), Riau, menuju Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut) banyak ditemukan jalan rusak. Kondisi jalan rusak itu lebih banyak di wilayah Sumut.

Masyarakat yang akan mudik dari Riau melalui jalur tengah menuju Padangsidimpuan hendaknya berhati-hati. Ini mengingat jalan di wilayah Sumut ukurannya lebih kecil dibanding badan jalan di Riau.

Detikcom yang belum lama ini melakukan perjalanan Riau ke Padangsidimpuan, mendapati kondisi jalan paling rusak parah berada di wilayah Sumut. Jalur sepanjang 390 km ini kondisinya bergelombang dan keriting.

Jalan dengan kondisi buruk itu, antara lain terlihat di Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Di jalur ini ada sekitar 30 km jalan keriting dan bergelombang. Selanjutnya, untuk Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), hanya ditemui jalan yang dalam kondisi perbaikan. Jalan lintas provinsi di Rohul ini lumayan bagus dan lebar.

Ketika sudah melintas di Rohul yang menyambung ke Sumut, terjadi perbedaan badan jalan yang mencolok. Jalan di Kabupaten Padang Lawas, Sumut selain ukurannya kecil juga banyak ditemukan rusak parah.

Di Padang Lawas ini, lebih dari 50 km jalan rusak yang tidak ada tanda-tanda akan ada perbaikan. Kondisi yang sama juga terus menyambung ke Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang tak jauh kondisi jalan yang rusak.

Jalan berstatus jalan negara itu, sudah lama tidak mendapat perawatan. Dari Gunung Tua ibukota Paluta menuju Kota Padangsidimpuan jarak tempuh sekitar 70 km kondisinya juga rusak parah.

Padahal, kawasan jalan ini membelah perbukitan yang terjal. Kanan kiri badan jalan tebing dan jurang yang lumayan jauh ke bawah. Namun justru di jalan negara ini paling banyak ditemukan kondisi aspal yang terkelupas dari badan jalan.

"Kondisi jalan yang rusak di wilayah Sumut, tidak mungkin diperbaiki menjelang Lebaran ini. Karena memang tidak ada tanda-tanda di sana ada proyek perbaikan jalan," kata Marahaji Ritonga (45) warga Kabupaten Kampar, Riau yang belum lama ini melintas di jalan tersebut.

Dia juga mengingatkan jika ingin mudik, maka harus dihindari kendaraan pribadi yang melintas pada malam hari.

"Sebaiknya kalau mudik ke arah Padang Sidempuan sebaiknya hindari jalan malam untuk kendaraan pribadi. Karena sangat rawan karena jalan kecil dan banyak yang rusak parah. Apa lagi kalau hujan, maka jalan yang berlobang tidak kelihatan lagi," kata Marahaji. (cha/rul/detik)