Palas Jadi Pusat Wisata Agro di Pekanbaru

Rabu, 18 Desember 2013

UBI KAYU- Walikota bersama warga palas panen ubi  yang beratnya hingga 75 Kg hasil pertanian masyarakat dalam Kawasan Wisata Agro, Rabu (18/12) di Palas Rumbai. (Humas Pemko)

PEKANBARU,(radarpekanbaru.com)-Kekompakan dan keuletan masyarakat Palas kecamatan Rumbai dalam pemanfaatan lahan pertanian dan pekarangan, patut diacungi jempol dan diberi apresiasi, karena hampir semua lahan pekarangan dan lahan terbuka dimanfaatkan masyarakat untuk menanam berbagai tanaman sayur-sayuran hingga buah-buahan bahkan ada pekarangan yang juga dilengkapi dengan kolam ikan yang bisa memenuhi kebutuhan ikan keluarga yang berangkutan.

Kekaguman dan rasa bahagia itu terlontar dari mulut Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT, Rabu (18/12), saat meresmikan pencanangan daerah Palas sebagai pusat Wisata Agro Kota Pekanbaru yang juga dihadiri Anggota DPR RI Wan Abu Bakar, serta para pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Ungkapan Walikota tersebut sangat beralasan, karena hampir seluruh pekarangan rumah warga di kawasan Wisata agro tersebut, ditanami dengan tumbuhan sayur-sayuran atau buah-buahan bahkan kolam ikan mini yang tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga warga yang bersangkutan sehari-hari bahkan juga bisa dijadikan sumber ekonomi masyarakat setempat.

Dari tinjuan langsung setelah menyerahkan bantuan hand tractor dari APBN, serta peralatan teknologi pertanian dari Pemrpov dan Pemko Pekanbaru, Walikota berkesempatan ikut panen ubi kayu yang satu rumpunnya bisa menghasilkan hingga 75 Kg ubi kayu. Begitu pula kebun papaya yang tumbuh subur dengan buah lebat dan banyak.

Dari laporan informais camat Rumbai serta laporan UPTB Pertanian tadi, kita  jumpai dilapangan bahwa benar adanya masyarakat kita di Palas ini sangat kreatif, kompak, ulet dan bersinergi dalam pemanfaatan lahan yang ada.

"Ini salah satu tujuan dan harapan kita, menjadikan kota  Pekanbaru menjadi kota yang cerdas, hijau, dan masyarakatnya yang nyaman dan beriman.  Kita bisa lihat langsung, sekitar 30 KK rumah di Kelurahan Palas ini yang mampu mengelola dan memanfaatkan lahan-lahan kosong yang di didaerah ini menjadi tempat berkebun dan bertani. Dan hasilnya sanga5t luar biasa, disamping kebutuhan keluarga terpenuhi dari sayur mayor hingga protein dan nabati, juga bisa dijadikan sumber pendapatan keluarga," ungkap Walikota.

Sementara itu Camat Rumbai  Zulhermi yang didampingi UPTB  Pertanian Yusfelina, menjelaskan bahwa masyarakat Palas tersebut tergabung dalam organisasi yang diberi nama  Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)  baru berdiri satu tahun yang lalu.

"Awalnya kita mendapat bantuan dari APBN, lalu kita buatkan  pusat bibit, seterusna kita distribusikan kepada seluruh anggota KRPL, Alhamdulillah, sekarang hamper smeua lahan sudah dikelola oleh masyarakar terutama lahan pekarangan, yang hasilnya tidak hanya sebatas memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, tapi juga bisa dijual ke pasar-pasar bahkan swalayan di Pekanbaru ini," ujar Camar.(rls)

Sumber : Humas Pemko