Muswil V Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Riau 2015, PAN BUka Pendaftaran calon Ketua DPW

Kamis, 11 Juni 2015

H.Fendri Jaswir

RADARPEKANBARU.COM- Pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke V Partai Amanat Nasional (PAN) yang semula dijadwalkan pada 14 Juni, ditunda pelaksanaannya menjadi 20 Juni 2015. Hal ini sesuai arahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.


"DPP minta tunda seminggu, sebab tanggal 14 Juni ini ada jadwal Muswil di NTB, sementara Ketua Umum ingin menghadiri semua Muswil," terang Sekretaris Panitia Pengarah (Streering Committee/ SC), T Zulmizan Farinja Assagaff kepada GoRiau.com, Kamis (11/6/2015).


Menurut Zulmizan, karena terjadi penundaan jadwal Muswil, maka SC mengambil kebijakan untuk memperpanjang masa pendaftaran Calon Formatur Muswil ke V PAN Riau. Semula, pendaftaran rencananya akan ditutup 11 Juni pukul 17.00 dan menjadi Minggu 14 Juni pukul 24.00 WIB.


"SC sepakat memperpanjang masa pendaftaran Calon Formatur, karena adanya penundaan Muswil untuk memberi kesempatan waktu yang lebih luas kepad para peminat, baik kader dan non kader. Kami paham, karen ada beberapa persyaratan administrasi yang memerlukan sedikit waktu untuk pengurusan," jelas Zulmizan yang juga Wakil Ketua Bidang Perkaderan DPW PAN Riau.


Untuk itu, Zulmizan atas nama SC mengharapkan dengan perpanjangan ini makin banyak peminat yang mendaftar sebagai Calon Formatur, yang otomatis akan akan menjadi Bakal Calon Ketua DPW PAN Riau Periode 2015-2020.


"Tempat pelaksanaan belum ditetapkan, tapi sedang dicari oleh Pantia Pelaksana (OC)," katanya.


Zulmizan menyebutkan, sejumlah agenda yang akan digelar pada Muswil yakni, penjabaran hasil Kongres IV 2015 di Bali, pemilihan Formatur & Ketua Formatur DPW PAN Riau 2015-2020 dan MPP DPW, menetapkan program kerja dan rekomendasi, tak ketinggalan yakni laporan pertanggungjawaban pengurus DPW Periode 2010-2015.


"Waktu pelaksanaan diprediksi akan selesai dalam sehari, mengingat pelaksanaan pada bulan Ramadan. Maka Panitia akan menyesuiakan pelaksanaan agenda-agenda dengan kondisi sedang berpuasa," tutup Zulmizan.

Sebelumnya Wakil Ketua Infokom Politik DPW PAN Riau yang juga panitia pengarah, Fendri Jaswir kepada pers, Sabtu (6/6/2015), mengatakan jadwal tersebut adalah batas akhir yang ditetapkan DPP PAN. ''Jadwal ini bisa berubah jika DPP menginginkan,'' ujarnya.

Menurut Fendri, waktunya memang mepet karena Ketua DPW PAN Riau Herliyan Saleh pergi Umroh 20-29 Mei lalu.  Namun masih dalam batas waktu yang diberikan DPP PAN. ''Muswil ini adalah tanggungjawab DPW PAN Riau yang wajib dilaksanakan,'' katanya.

Dikatakan, bagi yang berminat mencalonkan diri sebagai Ketua Formatur/Ketua DPW PAN Riau diminta untuk mendaftarkan diri ke panitia pengarah Muswil V PAN Riau mulai hari Minggu (7/6/2015) sampai Rabu (10/6/2015) pukul 17.00 WIB. Syarat-syarat sesuai dengan Peraturan Partai No.2 Tahun 2015 antara lain sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan keterangan dokter dan tidak tersangkut kasus pidana yang ancamannya lima tahun lebih dari Pengadilan Negeri.

Semua berkas calon, kata Fendri, akan diserahkan ke DPP PAN untuk diverifikasi, termasuk penyampaian visi misi calon ketua. Diperkirakan akan banyak yang mendaftar karena sistem pemilihan ketua saat ini agak berbeda dari biasanya yakni melalui sistem formatur, bukan dipilih langsung oleh peserta.(rls/fendriJaswir)