Hadiri Job Fair II Digelar di UIN SUSKA Riau Di Gedung PKM (18-19/11/2013)

Ahad, 17 November 2013

Kadisnaker Kota Pekanbaru Pria Budi

Pekanbaru, (RadarPekanbaru.com)-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru akan menggelar Pekanbaru Job Fair II di Uin Suska Riau di gedung PKM Senin-Selasa (18-19/11/2013) . Sejumlah kesempatan kerja di 40 perusahaan akan dibuka dalam ivent yang diselenggarakan bersama UIN Suska“Ini merupakan lanjutan dari Pekanbaru Job Fair yang pernah dilakukan bulan Juni 2013 lalu di hotel Mutiara merdeka, target 9000 orang termasuk TKI hanya terserap hanya 1500 orang. Ini disebabkan oleh  para Pencaker belum memenuhi persyaratan, ” ungkap Kepala Disnaker Pria Budi melalui Kabid Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja, Abdul Rahim kepada radarpekanbaru.com, Senin lalu di Pemko Pekanbaru. Kali ini, Pekanbaru Job Fair II akan diselenggarakan di Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska).

Menurut Abdul, kampus UIN Suska dipilih karena pada bulan yang sama universitas itu akan mewisuda seribuan lulusannya. Jadi diharapkan lulusan UIN Suska juga berkesempatan mengikutinya.
Sebagaimana pelaksanaan perdana lalu, Pekanbaru Job Fair II bertujuan untuk memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan kerja yang diminatinya. Sebaliknya, perusahaan mendapat tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang mereka harapkan.

Nantinya, Pekanbaru Job Fair II ini akan diikuti oleh sekitar 40 perusahaan. Baik perusahaan nasional maupun lokal. Misalnya PT Indah Kiat yang sudah menyatakan kesediaan untuk ikut. Meski demikian, tak tertutup kemungkinan ada perusahaan yang menerima lulusan SMP.

“Kita menargetkan dalam dua hari itu ada 4.000 pencari kerja yang hadir. Artinya satu hari setidaknya ada 2.000 orang,” kata Abdul.
Panitia juga akan menampilkan layout tempat acara sehingga memudahkan pencari kerja mencari perusahaan yang ingin ia masuki.
Ditambahkan Abdul, beberapa perusahaan mungkin saja sekaligus menggelar walk to interview. Untuk itu, di lokasi kegiatan, panitia akan menyediakan ruangan khusus yang dapat dipakai sebagai tempat tes, psikotes hingga wawancara. “Tempat ini disediakan gratis,” tuturnya.
Nah, bagi pencari kerja pemula, panitia juga akan mengadakan seminar yang mengangkat topik tips memasuki dunia kerja. Dalam seminar peserta juga diajarkan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja, mengikuti tes psikotes hingga wawancara. Menariknya, seminar ini dapat diikuti secara gratis. “Terang Abdul Rahim

Laporan : ramli