Berdalih Rasionalisasi Dari Pusat, Pemko Kembali Pangkas Anggaran SKPD Sebesar Rp129 miliar

Jumat, 15 Mei 2015

Ilustrassi

RADARPEKANBARU.COm - Luar Biasa, Kali ini Pemko memangkas anggaran sebesar Rp129 miliar setelah sebelumnya juga memangkas anggaran sebesar Rp270 miliar. Belum seimbangnya penerimaan dan pendapatan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berimbas kepada pemangkasan anggaran di seluruh Satuan Kerja (Satker).


Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Syukri Harto kepada Wartawan, Kemarin. Artinya masih ada Rp71 miliar dari total keseluruhan yang akan dipangkas Pemko, sebesar Rp470 miliar.

Pemangkasan anggaran di setiap Satker, menurut Syukri tidak ditetapkan berapa persen yang akan dipangkas. Tetapi, semua Satker wajib menghitung ulang kebutuhan anggaran guna memudahkan memilah anggaran kegiatan mana yang akan dipangkas.

"Kita tidak ada targetkan berapanya, tapi untuk rasionalisasi (pemangkasan) yang kedua ini semua harus kembali mengurangi masing-masing anggarannya," katanya.

Syukri juga kembali menegaskan pemangkasan anggaran tidak dilakukan langsung Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), tapi diserahkan kepada masing-masing Satker untuk menguranginya. Sebab Satker lebih mengetahui mana kebutuhan yang sangat prioritas, prioritas dan tidak terlalu diperlukan.

"Mubazir juga kalau nanti Satker tetap bersikukuh menolak mengurangi anggarannya, karena kalau keuangan tidak mendukung bagaimana bisa kegiatan yang dialokasikan bisa berjalan," cetusnya.

Jika rasionalisasi atau pemangkasan anggaran Satker sudah rampung dilaksanakan, tahapan penyusunan RAPBD P 2015 sudah bisa dikatakan hampir selesai. "Sesuai target awal Juni mendatang sudah dapat disampaikan kepada dewan untuk dibahas," sebutnya. (radarpku)