18-20 Mei Mendatang, 17.978 siswa SD Pekanbaru Akan Jalani UN

Jumat, 15 Mei 2015

Ilustrasi

RADARPEKANBARU.COm - Pada 18 hingga 20 Mei mendatang, sebanyak 17.978 siswa Sekolah Dasar (SD) sederajat di Pekanbaru akan menjalani Ujian Nasional (UN) . Ribuan siswa tersebut tersebar di 264 sekolah negeri dan swasta. Jalanya UN tingkat SD ini akan diawasi oleh pengawas sebanyak 2.048 pengawas dengan sistem silang.

Kepala Bidang Pendididak Dasar Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Darisman kepada wartawan, Kamis (14/5) mengatakan hingga saat ini soal untuk UN SD belum diterima pihaknya.

"Seluruh soal UN SD saat ini masih berada di Kantor Disdik Riau," katanya.

Jika dilihat dari jumlah ruang kelas yang digunakan untuk UN, maka untuk kota Pekanbaru, sedikitnya membutuhkan sebanyak 1024 sampul soal. Pihaknya berharap saat pengecekan nanti tidak terjadi kekurangan, sehingga UN bisa segera dilaksanakan. Namun jika ada kekurangan, pihaknya berjanji akan segera mengirim surat ke Disdik Provinsi Riau agar segara menambah kekurangan soal tersebut. Seluruh sekolah yang UN pada tahun ini, untuk tingkat SD sederajat tidak ada yang menggunakan sistem online atau Computer Based Test (CBT).

"Seluruhnya menggunakan ujian tertulis, belum ada yang memakai sistem CBT," sebutnya.

Jika nanti saat pelaksanaan UN ada siswa yang berhalangan sakit, maka bisa mengikuti ujian susulan. "Biasanya diadakan tiga hari setelah UN selesai, kita akan laksanakan UN susulan. Tapi sampai sekarang kami belum mendapat laporan berapa siswa yang sakit atau tidak ikut UN nanti," terangnya.

Darisman meminta kepada seluruh orang tua untuk memperhatikan anaknya jelang UN berlangsung, Senin depan. Sebab usia SD masih anak-anak sehingga masih banyak siswa yang pemikiranya untuk bermain.

"Perlu bimbingan dari orang tua, jadi kalau bisa sebelum ujian nasional, orang tua harus mendampingi anaknya agar bisa belajar," imbuhnya. (ram)