Aduh, 3 Desa di Kecamatan Tandun Terendam Banjir

Sabtu, 14 Desember 2013

Banjir Di Tandun

Tandun, (radarpekanbaru.com)-Deras hujan yang mengguyur sepanjang malam di Kecamatan Tandun, mengakibatkan puluhan rumah penduduk di tiga desa sejak Jumat (13/12/2013) sekitar pukul 04.30 WIB, kebanjiran dengan ketinggian air 50 hingga 80 Cm. Namun begitu, aktifitas masyarakat di tiga desa masih normal.
 
Informasi Camat Tandun, Irwandi, S.Sos, saat ini pihaknya masih mendata jumlah warga yang jadi korban banjir. Apalagi, hingga kini air di Desa Koto Tandun baru mulai naik, sehingga warga di daerah tersebut dihimbau mewaspadainya, agar tidak terjadinya korban jiwa.
 
Dari pantuan pihak kecamatan Tandun, bencana banjir sudah merendam 22 unit rumah warga di Desa Puo Raya, 22 rumah di Desa Tandun serta 21 rumah lainnya di Desa Koto Tandun. Namun di Koto Tandun sendiri, hingga kini air mulai naik, dan bantuan dari pihak Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disostransmigrasi) Rohul sudah disebar ke warga di lokasi banjir.
 
''Bantuan sudah sampai, dan disalurkan ke warga yang merupakan korban banjir, dari pihak Disosnakertrans Rohul. Dua desa air sudah surut, namun di Desa Koto Tandun banjir mulai naik, dan kita himbau ke warga agar selalu waspada,'' ungkap Irwandi.
 
Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul Aceng Herdiana, ST, MT dikatakannya, bahwa pihaknya kini sudah terjun ke lapangan termasuk Tim Reaksi Cepat (TRC) Rohul, dan kini telah melakukan tugas tanggap darurat.
 
''Kita harapkan ke seluruh masyarakat, termasuk perangkat desa dan kecamatan, bila terjadi musibah bencana alam ataupun banjir seperti yang terjadi di 3 desa di Kecamatan Tandun, agar segera memberikan informasi ke kita, sehingga kita dengan cepat bisa membantu mayarakat,'' kata Aceng.
 
Sementara itu, menurut Kepala Disosnakertrans Rohul, H Tengku Rafli Armien S.Sos menyatakan, bahwa personilnya sudah mendistribusikan bantuan logistik sebanyak 250 Kg beras, 250 Bungkus Mie Instan, 250 kaleng Sarden, 50 Kaleng Minyak Goreng, Sedangkan Banjir di Desa Lubuk Soting, Kecamatan Tambusai juga terkena dampak banjir sebanyak 26 KK.
 
''Untuk di di Lubuk Soting Kecamatan Rambah Hilir, kita juga suda kita berikan bantuan ke para korban banjir, berupa beras 130 Kg, mie instan 130 bungkus, Sarden 130 kaleng dan minyak goreng 26 Kg,'' ucap Tengku Rafli Armein. (hrc)

Editor : Ahmad Adryan