Ditahan Imbang, Posisi Barcelona Terancam

Sabtu, 14 Desember 2013

Group Bacelona

Barcelona, (radarpekanbaru.com)- Dua dari tiga tim teratas klasemen Primera Division tak bisa meraih poin maksimal menghadapi Villarreal. Atletico Madrid ditahan 1-1 sedangkan Real Madrid 2-2. Apakah Barcelona menjadi tim ketiga pemuncak yang ditahan imbang Villareal?

Jika tak bisa meraih poin maksimal, Barca terancam dikudeta Atletico Madrid yang menjamu Valencia di Vicente Calderon Senin (16/12) mendatang. Sebab, tim asuhan Diego Simeone itu memiliki raihan poin yang sama dengan Barca, 40 poin. Atletico sedang ganas-ganasnya setelah memenangi tiga laga terakhir plus mencetak delapan gol!

Tiki taka versi Tata Martini, pelatih Barcelona, kini juga sudah tak lagi sedominan saat dulu dibesut Pep Guardiola. Musim ini, Tata sudah terkena dua noda kekalahan. Sekali keok 1-2 dari Ajax di fase grup Liga Champions dan satunya kalah 0-1 via Athletic Bilbao di Primera Division.

Dua kekalahan beruntun itu menjadi cela sekaligus cambuk bagi entrenador asal Argentina tersebut untuk lebih mematangkan skema. Hasilnya, pasca kekalahan menyakitkan itu, Barca mengamuk hingga mencetak sepuluh gol dalam dua laga!

Mereka menghancurkan Cartagena 4-1 di level domestik dan Celtic 6-1 di liga para juara Eropa. Winger Pedro Rodriguez tak ingin timnya kecolongan. Dia berambisi menjaga puncak kekuasaan sebelum kompetisi rehat musim dingin. "Tim sedang baik. Secara psikis kami menunggu laga-laga yang harus dihadapi antara sekarang dan Natal," katanya kepada Barca TV.

Pedro termasuk pemain yang grafik perfomanya terus meningkat pasca absen karena cedera. Sumbangan dia buat tim langsung terasa karena mencetak tiga gol dalam dua laga terakhir tim Catalunya itu.

"Saya bahagia karena saya mampu membantu tim. Gol-gol itu membantu bisa membantumu lebih percaya diri. Saya sekarang lebih baik dan lebih nyaman di lapangan," paparnya.

Come back Pedro semakin menambah kedalaman plus ketajaman skuad Barca di lini depan. Sebab, superstar Barca lainnya, Neymar, sedang on fire. Pemain Brasil itu bahkan menjadi bintang lapangan pada Rabu lalu dengan mencetak hat-trick. Tata bahkan menyebut laga melawan Celtic itu penampilan terbaik mereka dalam lima bulan.

Lini depan Barca bakal semakin fantastis dengan kembalinya Cesc Fabregas pasca akumulasi kartu. Sang penyerang "palsu" (false nine) itu bisa dimainkan Tata bersama Neymar. Sebab, Lionel Messi sedang absen karena masuk daftar cedera bersama Victor Valdes. Namun, gelandang kreatif Andres Iniesta, bek kiri Jordi Alba, dan bek kanan Dani Alves sudah fit.

Satu-satunya ancaman serius bagi Barca adalah bekas pemain mereka Giovani Dos Santos. Pemain Meksiko itu menjadi salah satu faktor start luar biasa Villarreal musim ini. Dia tampil dalam 13 dari 15 laga tim berjuluk Yellow Submarine itu dengan enam gol.

"Kembali ke Barca selalu terasa spesial. Ini adalah tim yang membuka pintu Eropa untukku. Di sinilah saya menemukan talenta. Saya bersyukur terhadap apa yang mereka telah berikan kepadaku. Tak ada keinginan balas dendam," paparnya.

Editor : Ramli