LAMR Meranti Gelar Hearing Dengan Diskes Khawatir Penularan HIV Dan AIDS

Jumat, 15 Maret 2024

LAMR Meranti Gelar Hearing Dengan Diskes Khawatir Penularan HIV Dan AIDS

 

Meranti, - Antisipasi guna menekan Angka Penderita Penyakit Virus HIV/AIDS diselatpanjang Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Kepulauan Meranti gelar Hearing dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti yang berlangsung Dikantor LAMR Jalan Dorak, Jum'at  (15/3/2024).
 

Selain itu, Kegiatan Hearing tersebut dipimpin dan dibuka langsung oleh Sekretaris Umum LAMR Kabupaten Meranti Datuk Wan Zulkifli dalam penyampaiannya mengucapkan Terima kasih kepada Bapak Kepala Dinas Kesehatan dan Rombongan telah bersedia hadir memenuhi undangan kami yaitu Hearing dalam rangka Menyikapi persoalan  Penyakit HIV/AIDS dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian dan Partisipasi Masyarakat dalam memberi Masukan dan Aksi yang dapat membantu Pencegahan dan Penanggulangan HIV / AIDS Dikabupaten Meranti ini.

"Kami dari LAMR Kabupaten Meranti Sangat sangat Khawatir Tentang penyakit Virus HIV/AIDS ini, dengan begitu dalam Forum Hearing ini kami mengundang Pihak Dinas Kesehatan, dan  berharap ketemu Solusi langkah langkah yang dapat kita ambil kedepannya  dalam mengatasi Persoalan HIV/ADIS ini" Harap Datuk Wan Zulkifli.

Dikesempatan yang sama Wakil Ketua MKA Hendrizal mengatakan Persoalan HIV/AIDS ini harus kita lakukan pencegahan dengan Serius, Karena sampai saat ini Belum kite temui Obatnya. Ini merupakan tanggung jawab semua Komponen dan harus ditangani dengan Konferenship, serta Antisipasi terhadap Hal hal yang dapat memicu Penularan Penyakit HIV/AIDS, HIV/AIDS ini tentunya sangat berbahaya buat keluarga kita, anak Anak kita, dan generasi generasi kita.

Selanjutnya Hendrizal juga mengatakan Dalam Hearing ini kami yang merupakan bukan tidak sepenuhnya mengetahui Secara Detail tentang kesehatan, Apalagi Tentang Penyakit HIV/AIDS ini, maka dari itu  ada beberapa Poin yang perlu kami Bahas dan ingin kami ketahui yaitu.
1. Berapa Jumlah Real Penderita HIV/AIDS Dikabupaten Meranti.
2. Dari mana data tersebut Tersebut, Apakah masih Ada yang Belum Terdata.
3. Kelompok Mana aja yang banyak Terinfeksi HIV/AIDS di Kab. Meranti hingga Saat ini.
4. Bagaimana SOP Donor Darah, Pelaku Bekam, Yang diindikasi Sangat Mudah Tertular HIV/AIDS ini.
5. Apa Langkah Langkah Dalam Pencegahan HIV/AIDS Ini, dan apakah sudah Ada Bentuk Sosialisasi Yang sudah dilakukan di zona zona terinfeksi HIV/AIDS ini, khususnya di Masyarakat Umum.

Sementara itu,Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Fahri S.Km dalam penyampaiannya sangat Mengapresiasi terhadap langkah langkah yang dilakukan LAMR saat ini, dengan mengundang kami untuk melakukan Hearing dihari ini tentunya kami sangat berterima kasih atas Kepedulian LAMR untuk ikut serta dalam menekan Angka penderita HIV/AIDS Dikabupaten Meranti ini, perlu kami sampaikan Saat ini Penderita HIV/AIDS yang telah terdata dengan Kami sekitar 168 orang penderita HIV/AIDS, dan bisa Jadi Ada Penambahan yang tidak terdata Oleh kami.

" Untuk itu dalam Menyikapi persoalan ini sangat perlu Kerja sama seluruh pihak Melakukan Aksi langsung kemasyarakatan yang paling penting ke titik titik yang terinfeksi sesuai pendataan dari kami," jelas Fahri

Menurut Fahri pula, terkait SOP Donor darah, Muhammad Fahri menjelaskan Hal itu sudah dilakukan sesuai Prosedur, dan tentunya saat Pendonor darah dilakukan Pengambil darah Otomatis Sistem akan membaca langsung tentang Penyakit apa yang diderita Oleh pendonor sebelum Darah tersebut diberi kepada yang membutuhkan darah.

Ia berharap, LAMR dengan kami Dinas Kesehatan bisa saling berkerja sama dalam Menekankan Angka Penularan HIV/AIDS Dikabupaten Meranti.

Ditempat yang sama Ketua MKA LAMR Kepulauan Meranti H. Darwis Menambahkan " Semoga dengan Hearing hari ini bisa dilaksanakan dengan Aksi yang nyata untuk mencegah Penularan HIV/AIDS Dikabupaten Meranti kampung kita ini," ucap Darwis.

Sekedar Informasi, Terlihat hadir dalam Hearing tersebut Ketua Majelis Karapan Adat (MKA) Datuk Seri H. Darwis S.Pd.,MM. wakil Ketua MKA Datuk Hendrizal, Sekretaris Umum DPH LAMR Meranti Datuk Wan Zulkifli S.H,.M.Si., Bendahara DPH LAMR Puan Nuryaningsih, S.Pd., Wakil Sekretaris Datuk Haramaini, M.Si., Datuk Nurdin Srijaya, SE.,M.Si., Datuk Mardiansyah, S.Ip, Bidang Humas Datuk Darma, Datuk Nurul Padli, Bidang Kepemudaan Datuk Dedi Satriadi, Datuk Khalil, dan beberpara Pengurus Lainnya

Selain itu, Pihak Dinas Kesehatan di hadiri Langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Fahri, S.Km, Kabid P2P Widia Ningsih, Koodinator Reni, dan Pengelola Program Muhammad Nuamin.(Rls/Bom).