Walikota Pekanbaru Terima Anugrah Satya Lencana dari Presiden RI

Sabtu, 20 Desember 2014

Menko Bidang Kemaritiman Indaryono Susilo mewakili Presiden RI Jokowidodo, menyematkan Penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial Kepada Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT, saat Hari Kesetiakawanan Nasional  tahun 2014, Sabtu (20/12) di Jambi.

JAMBI, RADARPEKANBARU.COM - Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT kembali mendapat penilaian yang positif  dan penghargaan dari pemerintah pusat, dimana kali ini tim penilai dari kementrian sosial menempatkan Walikota pekanbaru sebagai tokoh yang memiliki inovasi dan inovatif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Maka dalam moment Hari Kesetiakawanan Nasional 2014 yang dipusatkan di Kota Jambi, Presiden Republik Indonesia Jokowidodo menganugrahkan penghragaan Satya Lencana kebaktian Sosial kepada Walikota Pekanbaru Firdaus ST M yang diserahkan oleh Menko bidang kemaritiman Indaryono Susilo  dengan didaksaksikan Mentri Sosial Khofifah Indar Parawansah.

Walikota Pekanvaru yang hadir di lokasi tersebut bersama para  Gubernur dan kepala daerah lainnya di Indonesia  diumumkan sebagai Walikota yang memiliki program sosial dan kesejahteraan masyarakat .

Kadis Sosial Pekanbaru DR H Mutia yang mendampingi Walikota di Kota Jambi tersebut  menyebutkan bahwa beberapa penilaian yang diambil oleh tim penilai dari kemenntrai sosial RI, bahwa Walikota Pekanbaru bberhasil dalam program pembangunan rumah layak huni, dimana dalam kepemimpinannya Walikota telah menganggarakan pembangunan  250 unit setiap tahunnya  dalam APBD Pekanbaru.

"Ini sudah berjalan dua tahun anggaran, berarti sudah 500 unit dibangun rumah layak huni oleh Pemko di Pekanbaru," ujar Mutia.

Ditambahkannya bahwa perestasi lainnya dalam penilaian tersebut, "Dimana Walikota Pekanbaru menganggarakan Rp50 juta sana Pemberdayaan Masyarakat berbasis Rukun Warga dengan pilot project Kecamatan Tenayan Raya. Dan tahun 2015 nantinya seluruh RW di pekanbaru akan mendapat anggaran Rp50 juta pertahun," ulas Mutia lagi.

Dan yang tidak kalah menariknya menurut Mutia, Walikota pekanbaru juga menganggaakan dana Usaha Ekononomi kelurahan senilai Rp500 juta di tahun 2014,  dimana dana tersebut 58 Kelurahan di Pekanbaru mendapatkan anggaran tersebut yang diperuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu dan memiliki usaha.

"Terobosan dan program tersebut  diantaranya yang membuatpemerintah pusat memberikan penghargaan kepada  Walikota Pekanbaru," ungkap Mutia.

Sementara itu  Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT yang ditemui seusai menerima penghargaan itu menyampaikan terimakasih yang teramat dalam kepada Presiden RI Jokowidodo atas reward yang diberikan serta terimakasih yang teramat dalam kepada Satker terkait yang dengan sepenuh hati melaksnakan program pembanguna yang berbasis masyarakat itu.

"Penghargaan ini  bukan tujuan kita, yang menjadi tujuan adalah bagaimana perekonomian masyarakat bisa ditingkatkan, dan masyarakat yang membutuhkan bantuan usaha bisa merasakan manfaatnya dari dana yang telah kita anggarakan, dengan demikian kesejahteraan masyarakat akan semakin membaik," harap Walikota.(rls)